Erick Thohir Dapat Gelar Kehormatan Marga Daratan Lampung

Erick Thohir dapat gelar kehormatan adat Lampung
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Masyarakat adat Lampung marga Dantaran memberikan gelar adat kehormatan kepada Menteri BUMN Erick Thohir. Gelar ini menjadi istimewa bukan hanya karena mengangkatnya sebagai kerabat keluarga besar marga Dantaran, tetapi sekaligus menobatkan Erick sebagai bangsawan dan adik langsung Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan secara adat. 

MIND ID Pastikan Beri Kemanfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya

Dalam adat marga Dantaran, Lampung Selatan, Zulhas sendiri memiliki gelar Batin Eka Perkasa. Gelar tersebut merupakan penghormatan untuk bangsawan atau raja. Sementara itu, kepala adat marga Dantaran dengan gelar Sai Batin, Pangeran Ahmad Fajrin, menobatkan Erick Thohir sebagai Raden Bangsawan. 

"Ini semacam adik-kakak. Pak Zul kakaknya, Pak Erick adiknya. Secara adat keduanya kakak beradik yang disahkan oleh keluarga besar marga Dantaran," ujar Pangeran Ahmad Fajrin, Minggu 20 Juni 2021. 

Curhat Kementerian BUMN Punya Dana Melimpah Buat Genjot UMKM, Tapi Terbentur Aturan OJK 

Upacara pemberian gelar adat ini diselenggarakan di SMA Kebangsaan, Kalianda, Lampung Selatan, Sabtu 19 Juni 2021 kemarin. Acara dimeriahkan oleh berbagai rangkaian acara adat, mulai dari silat sampai tarian. 

Seluruh rangkaian acara dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, semua tamu yang hadir diwajibkan melakukan test swab antigen. 

KLB PSSI Sumut Digelar Usai PON 2024

Dalam sambutannya, Zulhas menyampaikan bahwa pemberian gelar adat ini bukan hanya seremoni belaka, tetapi hal penting untuk mengajak para pemimpin negeri menjaga kelestarian adat dan Budaya. 

"Ini amanat konstitusi. Amanat undang-undang. Adat dan budaya bangsa harus kita lestarikan berasama, karena ini bagian dari nilai-nilai luhur bangsa kita," ucap Zulhas. 

Sementara itu, Erick Thohir menyampaikan rasa suyukur dan bahagianya menerima gelar adat dari marga Dantaran, Lampung Selatan. 

"Jelas ini sebuah kehormatan, Raden Bangsawan, apalagi menjadi adik langsung dari Pak Zul dengan gelar Batin Eka Perkasa. Memang adat dan budaya ini harus menjadi visi kita semua. Visi untuk mengerjakan pembangunan. Kita tidak ingin Indonesia maju, tetapi meninggalkan adat dan budaya. Tidak mau revolusi industri 4.0 terus dikejar, tetapi anak-anak muda kita lupa pada budaya bangsanya," kata Erick. 

Pemberian gelar adat Lampung Selatan kepada Erick Thohir ini merupakan peristiwa sakral sekaligus penting. Bisa dikatakan merupakan simbol kelahiran Erick Thohir secara politik sebagai orang Lampung, Sumatera Selatan, Zulhas berperan besar membidaninya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya