SMRC: 82 Persen Pemilih Prabowo Tak Setuju Jokowi Nyapres Lagi

Pertemuan Jokowi dan Prabowo Usai Pilpres 2019
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Pemilih Prabowo Subianto pada Pemilu Presiden 2019, ternyata sangat tidak setuju apabila Joko Widodo (Jokowi) kembali maju sebagai calon Presiden Republik Indonesia untuk ketiga kali pada Pemilu 2024 nanti. Hal itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

PPP Masih Gamang Tentukan Jadi Oposisi atau Gabung Koalisi Parpol Pemerintah

Direktur Komunikasi SMRC, Ade Armando mengatakan persentase pemilih Jokowi dan Prabowo pada Pemilu Presiden 2019, ternyata sama-sama tinggi yang menyatakan bahwa masa jabatan presiden maksimal hanya dua kali (dua periode). Menurut dia, pendukung Jokowi ada 70 persen mendukung masa jabatan presiden dua periode.

“Pendukung Prabowo sebanyak 82 persen lebih tinggi. Tapi, mayoritas mutlak menyatakan jangan diubah tuh masa jabatan Presiden maksimal dua kali,” kata Ade Armando saat diskusi virtual pada Minggu, 20 Juni 2021.

Kubu Prabowo Sindir Megawati Tak Tepat Jadi Amicus Curiae di Sidang MK: Dia Pihak Berperkara

Akan tetapi, Ade mengatakan ada hal yang berbeda ketika Jokowi harus kembali maju menjadi calon Presiden untuk ketiga kalinya pada Pemilu 2024 mendatang. Menurut dia, sebanyak 55 persen pemilih setuju Jokowi maju kembali sebagai calon Presiden 2024, tidak setuju ada 38 persen dan tidak tahu/tidak jawab cuma 7 persen.

“Kelompok para pemilih Prabowo definitive, 86 persen menyatakan tidak setuju Jokowi maju sebagai calon presiden 2024, setuju cuma 9 persen, tidak tahu/tidak jawab ada 5 persen,” ujarnya.

Bantah Kunjungan Jokowi ke Sumut Cawe-cawe Pilgub, Bobby Nasution: Mau Lihat Cucu

Sementara, kata Ade, sikap publik terhadap masa jabatan presiden menurut demografi bahwa lulusan Perguruan Tinggi (PT) sebanyak 75 persen tidak setuju jika Jokowi kembali maju sebagai calon Presiden pada 2024, setuju cuma 20 persen dan tidak tahu/tidak jawab ada 5 persen.

“Tapi latar belakang pendidikan SD, angkanya cuma 45 persen yang tidak setuju Jokowi maju, setuju ada 45 persen, tidak tahu/tidak jawab cuma 10 persen. Jadi, perguruan tinggi cenderung mengatakan tidak setuju,” jelas dia.

Baca juga: Survei SMRC: 52,9 Persen Publik Tolak Jokowi Maju di Pilpres 2024

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya