Logo BBC

Angka Infeksi Meningkat, 1 dari 8 Pasien COVID-19 adalah Anak-anak

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Satu dari delapan pasien Covid-19 di Indonesia adalah anak-anak. Angka infeksi dan kematian anak usia 0-18 tahun pun meningkat seiring lonjakan kasus secara umum.

Itu sebab Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Aman Pulungan, mewanti-wanti pemerintah daerah hingga pusat beserta Satgas Covid-19 untuk menyadari bahwa anak dan balita punya risiko infeksi virus corona yang sama dengan orang dewasa.

Menyusul kenaikan kasus Covid-19 pada anak, IDAI merekomendasikan peningkatan tracing dan testing pada anak, pemetaan data Covid-19 khusus anak, dan menyarankan penundaan pembelajaran tatap muka.

Namun Kementerian Kesehatan berkeras tetap pada SKB pembelajaran tatap muka secara terbatas, seraya tak henti mengingatkan para orang tua untuk taat protokol kesehatan dan tak membiarkan anak-anak berkegiatan di luar rumah.

Was-was anak bakal terpapar Covid

Sendy, seorang ibu berusia 33 tahun, sudah was-was anaknya bakal ikut terpapar Covid-19. Sebab saat itu, pada Mei 2021, ibu satu anak yang juga pegawai di perusahaan swasta di DKI Jakarta tersebut terinfeksi virus corona.

Ia telah menerima vaksinasi dua kali dosis. Sehari-hari pun sebenarnya Sendy termasuk yang menjalani sistem bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Tapi rupanya hari itu tes swab PCR menunjukkan ia dan suaminya terinfeksi virus corona.

"Tapi syukurnya anak saya dan kedua orangtua yang tinggal bersama saya, negatif," ungkap Sendy kepada Nurika Manan yang melaporkan untuk BBC News Indonesia, Minggu (20/06).

anak-anak, covid
Getty Images
Seorang anak sedang mencuci tangan bersama selama Hari Cuci Tangan Sedunia 2020 di Bogor, Jawa Barat.

Kekhawatiran tak pelak tetap membayangi ibu muda dengan anak usia 13 bulan tersebut.