Banjir Merendam Empat Desa di Kapuas Hulu

Banjir merendam sejumlah fasilitas umum, dan salah satunya sebuah gereja, serta akses jalan penghubung ke pusat kecamatan terputus di di Desa Rantau Kalis, Kecamatan Kalis, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Minggu, 20 Juni 2021.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Gunawan, mengatakan saat ini terdapat empat desa di Kecamatan Kalis terendam banjir dengan ketinggian debit air rata-rata satu hingga satu setengah meter.
 
"Banjir merendam empat desa di Kecamatan Kalis, sejumlah pemukiman dan fasilitas umum terendam, akses jalan penghubung desa ke pusat kecamatan juga terputus yang disebabkan meluapnya Sungai Kalis," kata Gunawan di Putussibau, ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu.
 
Empat desa di Kecamatan Kalis yang terendam banjir, antara lain yaitu Desa Nanga Tubuk, Nanga Danau, Rantau Kalis, dan Bahenap.
 
Menurut dia, banjir itu terjadi sekitar pukul 07.00 WIB, Ahad (20/6/2021), namun kondisi air sudah berangsur surut.

Viral Jukir Liar di Alfamart Rusak Mobil Pelanggan, Polisi Tetapkan Tersangka

Meski demikian, dikhawatirkan debit air makin naik, karena saat ini musim hujan dan cuaca mendung.

Ia mengimbau masyarakat terdampak banjir untuk selalu waspada, dengan kondisi bencana alam itu demi mengutamakan keselamatan, serta segera berkoordinasi dan melaporkan setiap perkembangan banjir.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

"Kami minta kades dan camat proaktif melaporkan bencana alam terutama banjir saat ini, sehingga kami bisa segera mengambil langkah," katanya. (ant)

Kabel listrik dari dop lampu yang menyebabkan Zabur anggota DPRD Kubu Raya tewas tersetrum di rumahnya. (Istimewa)

Perbaiki Dop Lampu, Anggota DPRD Kubu Raya Meninggal Dunia

Perbaiki Dop Lampu, Anggota DPRD Kubu Raya Meninggal Dunia

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024