Ridwan Kamil: COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk Depok dan Karawang

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan varian baru COVID-19 dari India yaitu varian delta sudah masuk Jawa Barat. Menurutnya, varian tersebut baru menular di Kota Depok dan Kabupaten Karawang.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Varian delta sudah hadir di Jawa Barat menandakan harus tetap waspada, hadir di Karawang dan Kota Depok berdasarkan kajian genom," ujar Ridwan Kamil di Bandung, Senin, 21 Juni 2021.

Baca juga: COVID Meningkat, Mal Tutup Jam 20.00

Terungkap Perbedaan Alasan Ridwan Kamil dan Raffi Ahmad yang Putuskan Adopsi Anak

Menurutnya, hadirnya varian Delta ke Jawa Barat jadi peringatan untuk masyarakat memperkuat kepatuhan protokol kesehatan COVID-19.

"Varian ini menandakan penularannya lebih cepat dari varian sebelumnya. Kita tingkatkan kewaspadaan maka prokes 5M ditingkatkan lebih-lebih lagi," katanya.

Vokalis Hindia Geram Lagunya Dipakai Anak Ridwan Kamil Promosi Produk Pro Israel

Beberapa waktu lalu, Ridwan Kamil sempat menyatakan masih menunggu hasil pemeriksaan terkait keberadaan varian baru COVID-19 dari India yaitu Delta.

"Feeling saya sih ada tapi kita tunggu secara resmi," ujar Ridwan Kamil di Bandung Jawa Barat, Rabu 16 Juni 2021.

Ridwan Kamil menerangkan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan genome sequencing terhadap paparan COVID-19. "Belum ada, baru ada di Jawa Tengah dan terduga di Jakarta. Yang Bandung sedang dites genome sequencing-nya hasilnya belum keluar," katanya.

"Kalaupun ada jawabannya sama, 5M jawabannya kedisiplinan karena daya mematikannya tidak terlalu tinggi tapi daya tularnya 2,4 kali lipat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya