Kabar Baik, Sulsel Sudah Zona Hijau dari COVID-19

Mural Bersama Lawan COVID-19 (ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA - Provinsi Sulawesi Selatan ditetapkan sebagai wilayah zona hijau berdasarkan hasil assessment situasi epidemiologi pandemi COVID-19 tingkat provinsi oleh Kementerian Kesehatan.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Per 19 Juni 2021 disebutkan, satu provinsi dengan zona merah, 24 provinsi zona orange dan 9 provinsi zona hijau, salah satunya adalah Sulsel.

Pelaksana tugas Gubernur Sulsel, AndiĀ  Sudirman Sulaiman, menyatakan kesyukurannya atas zona hijau yang disematkan terhadap daerah yang dipimpinnya.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Alhamdulillah, ini berkat doa kita bersama dan usaha dari berbagai stakeholder seperti TNI-Polri, pemerintah kabupaten/kota, Satpol-PP, dinas perhubungan, tenaga kesehatan dan seluruh lapisan masyarakat yang bahu membahu dalam upaya penerapan prokes," katanya melalui keterangan yang diterima, Selasa, 22 Juni 2021.

Baca juga: Antre Vaksinasi COVID-19, Warga di Semarang Malah Berkerumun

Longsor Tewaskan 20 Orang, Pemerintah Tetapkan Tana Toraja Status Tanggap Darurat 

Andi Sudirman menyampaikan bahwa memang kondisi pandemi COVID-19 di Sulsel per 20 Juni 2021 lalu telah memperlihatkan angka kesembuhan pasien COVID-19 di angka 97,5 persen dan angka kematian 1,5 persen, sehingga dia pun berharap, kondisi zona hijau ini tetap bisa dipertahankan dengan kerjasama semua pihak.

"Selain memperketat protokol kesehatan, perekonomian harus tetap bergerak. Harus jalan berbarengan, karena ini menyangkut hidup orang banyak. Jadi tetap beraktivitas untuk kegiatan ekonomi sembari menjaga protokol kesehatan," tuturnya.

Adapun upaya Pemprov Sulsel dalam penanganan pandemi COVID-19, Andi Sudirman menyebut salah satunya adalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

"Paling penting bagaimana masyarakat harus memperbaiki imun tubuh dengan menjaga asupan gizi dengan makanan yang sehat dan minum vitamin, serta senantiasa berdoa agar keseharian kita dijaga oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala," kata adik kandung mantan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya