Kompolnas Kritik Kompol RW yang Tinju Bripda FZ di Polda Riau

Irjen (Purn) Benny Mamoto
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Ketua Harian Kompolnas RI, Benny Mamoto menyayangkan adanya aksi pemukulan yang diduga dilakukan Kepala Bagian Operasional Brimob Polda Riau, Kompol RW kepada petugas penjagaan Bripda FZ. 

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, AKP Heru: Diduga Ada Bahan Mercon Sebanyak 1 Kg

Menurut dia, dikhawatirkan polisi jadi mudah memukul warga akibat kasus pemukulan perwira polisi kepada anggotanya itu. “Kompolnas menyayangkan peristiwa tersebut. Tindakan kekerasan oleh atasan akan diikuti ketika anggota berhadapan dengan masyarakat," kata Benny pada Selasa, 22 Juni 2021.

Padahal, Benny mengatakan Kompol RW masih bisa melakukan cara lain dalam mendidik anggota selain memukulnya. “Mengenai tindakan yang dilakukan oleh atasan terhadap anggota tersebut, kami menyayangkan karena ada cara lain yang mendidik,” ujarnya.

Manipulasi Putusan MK soal Pilpres Lalu Diunggah di Tiktok, Pria di Riau Diciduk Polisi

Memang, Benny yang merupakan pensiunan Jenderal Polri ini mengakui kekerasan oleh senior terhadap juniornya kerap terjadi. Hanya saja, budaya seperti itu sekarang sudah tidak diperbolehkan lagi.

"Dulu masih sering terjadi kekerasan senior terhadap juniornya di lembaga pendidikan. Sekarang budaya kekerasan ini di lembaga pendidikan pun sudah dilarang," jelas dia.

Ending Bentrok TNI AL dan Brimob di Sorong, Israel Rugi Rp 16,3 T Tahan Serangan Iran

Di samping itu, Benny menyayangkan juga pelayanan yang dilakukan petugas penjaga Bripda FZ dalam melayani masyarakat. Harusnya, kata dia, polisi bersikap sopan dan ramah kepada masyarakat yang berkunjung ke Markas Kepolisian.

"Dalam hal melayani masyarakat, polisi harus bersikap sopan dan ramah serta membantu memudahkan apa yang diperlukan masyarakat ketika datang ke kantor polisi," tandasnya.

Adapun kronologi kasus pemukulan terjadi pada Rabu, 26 Mei 2021 sekira pukul 20.22WIB. Namun, videonya beredar pada Jumat, 18 Juni 2021. Saat itu, Kompol RW datang ke Mapolda Riau untuk ikut apel penyekatan dan operasi yustisi COVID-19.

Saat mobil yang dikendarai anggota Satpol PP masuk didepan Kompol RW, petugas jaga bernama Bripda FZ tampak marah-marah dan memukul besi portal penjagaan. Kemudian, Bripda FZ diduga sempat mengeluarkan kalimat tidak pantas yang didengar oleh sopir Kompol RW.

Pada saat kegiatan apel, Polda Riau mengundang Pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini Satpol PP Provinsi Riau. Begitu Kompol RW mau masuk gerbang, terlihat Bripda FZ bersikap arogan dan tidak sopan kepada petugas Satpol PP yang hendak ikut apel tersebut.

Bahkan, Bripda FZ sampai memukul tiang portal gerbang ketika Anggota Satpol PO mau masuk ke dalam Mapolda Riau. Akhirnya, Kompol RW turun menegur Bripda FZ yang berlaku tidak sopan kepada tamu anggota Satpol PP tersebut.

Selanjutnya, Kompol RW tanya Bripda FZ kenapa tidak sopan kepada tamu. Rupanya, Bripda FZ juga bersikap tidak sopan kepada komandannya sehingga membuat Kompol RW naik pitam. Lalu, Kompol RW langsung meninju wajah Bripda FZ.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya