Cara Polri Introspeksi Diri Jelang HUT Bhayangkara

Pencucian Pataka menjelang HUT Bhayangkara
Sumber :
  • dok Polri

VIVA – Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara pada 1 Juli 2021, Mabes Polri menggelar upacara pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata yakni mencuci pataka atau panji-panji Korps Bhayangkara pada Rabu, 23 Juni 2021.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono menjelaskan upacara pencucian panji-panji ini merupakan tradisi wajib yang dilakukan Polri jelang peringatan Dirgahayu Bhayangkara yang jatuh tiap tanggal 1 Juli.

"Upacara pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata merupakan suatu tradisi yang wajib dilaksanakan, ini simbol untuk mensucikan dan pembersihan diri," kata Argo dalam keterangan tertulisnya.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Menurut dia, dilakukannya tradisi wajib itu menjadi momentum untuk introspeksi dan perenungan bagi prajurit Polri dalam menjalankan tugas. Harapannya, Polri ke depan menjadi lembaga negara semakin dicintai masyarakat dalam menjalankan tugasnya menjaga keamanan dan ketertiban.

“Agar Polri ke depan dapat menjalankan tugas pokoknya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara profesional,” ujarnya.

Ternyata Syarat Usia Minimal Punya SIM Tidak Semuanya 17 Tahun, Cek Aturannya

Di samping itu, Argo mengatakan pencucian pataka menjadi pedoman dan semangat untuk setiap insan Polri agar tetap memegang teguh kebenaran, melaksanakan tugas pokok melindungi, mengayomi, melayani dan menegakkan hukum.

“Serta mewujudkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” tandasnya.

Baca juga: Polri Sampaikan Tak Semua Wilayah Papua Diganggu KKB

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya