Ribuan Istri Ajukan Gugat Cerai di Pengadilan Agama Palembang

Sejumlah orang di ruang tunggu persidangan Pengadilan Agama Kelas 1A Palembang, Sumatera Selatan.
Sumber :
  • ANTARA/Yudi Abdullah

VIVA – Pengadilan Agama Kelas 1A Palembang, Sumatera Selatan, mencatat kasus perceraian atau gugat cerai yang diajukan para istri paling banyak ditangani di masa pandemi COVID-19 sepanjang 2021.

Oknum Polisi Calon Perwira Aniaya Istri yang Sedang Hamil, Dilaporkan ke Polda Sumut

"Berdasarkan data hingga Juni 2021, kami telah memproses 1.265 kasus perceraian yang sebagian besar diajukan oleh istri," kata Juru Bicara Pengadilan Agama Kelas 1A Palembang Raden Acmad Syarnubi, di Palembang, Kamis, 24 Juni 2021.

Menurut dia, permohonan cerai yang diterima Pengadilan pada tahun 2021 hampir sama dengan tahun sebelumnya, yakni sebagian besar adalah gugat cerai.

So Sweet! Ngaku Cinta Sejati, Onad dan Beby Sepakat Gak Nikah Lagi Kalau Salah Satu Meninggal

Berdasarkan data per Juni ini, setiap bulan rata-rata terdapat 210 orang istri yang mengajukan cerai di Pengadilan Agama Palembang. Sedangkan suami yang mengajukan cerai dalam semester pertama tercatat 356 orang atau rata-rata hanya 59 orang per bulan.

Beberapa alasan perceraian yang diajukan pasangan suami istri di Bumi Sriwijaya itu, seperti rumah tangga mereka tidak harmonis lagi akibat pengaruh krisis keuangan atau permasalahan ekonomi, krisis akhlak, dan karena adanya orang ketiga atau wanita/pria idaman lain.

Polisi Buka Suara Soal Istri Anggota TNI Jadi Tersangka Usai Lapor Kasus Dugaan Perselingkuhan Suami

Dia menjelaskan, sebagian besar perkara perceraian yang masuk, bisa diselesaikan secara baik dengan keputusan cerai, dan tidak sedikit pasangan suami istri bisa dirujukkan kembali atau dipersatukan kembali untuk melanjutkan pernikahan yang sempat bermasalah.

"Kami tidak hanya menerima gugatan suami atau istri yang akan bercerai dan mengabulkan gugatan itu, tetapi cukup banyak juga yang berhasil didamaikan dan bisa rujuk kembali," ujar Raden. (ant)

Babe Cabita dan istri.

Seminggu Setelah Kepergian, Istri Babe Cabita Disebut Masih Sering Melamun

Elvira F Tanjung, kakak ipar Babe Cabita, mengungkapkan bahwa Zulfati Indraloka masih sering merenungi kepergian Babe Cabita dan menarik diri sejak itu.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024