Sidak PPKM Mikro di Jakarta, Jokowi Ingin Kepala Daerah Kontrol

Presiden Jokowi Secara Mendadak Meninjau Pelaksanaan PPKM Mikro di Jakarta
Sumber :
  • Agus Suparto/ Fotografer Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo melakukan inspeksi mendadak atau sidak, pelaksanaan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Mikro di wilayah Jakarta. Seperti diketahui, PPKM menjadi kebijakan pemerintah mengatasi lonjakan kasus pandemi COVID-19.

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

Sidak Kepala Negara dilakukan di Kelurahan Rawasari, Cempaka Putih. Terlihat Jokowi didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Jokowi sempat meninjau posko PPKM Mikro yang ada di sana. Mantan Gubernur DKI itu juga menyusuri jalan pemukiman warga yang terlihat lengang setelah penerapan PPKM Mikro. Salah seorang warga mengatakan kepada Jokowi, di wilayahnya banyak yang terinfeksi virus gara-gara klaster keluarga.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Baca juga: Dirawat di Singapura, Kondisi Kesehatan Terkini Lukas Enembe Terungkap

"Jadi memang dadakan ke sini untuk memastikan PPKM Mikro itu berjalan atau tidak berjalan. Tadi disampaikan oleh bu RW dengan yakin berjalan, ya berjalan," kata Jokowi, Jumat dalam video Sekretariat Presiden, Jumat 25 Juni 2021.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Jokowi pun sempat berdialog dengan sejumlah warga. Baginya PPKM Mikro sebetulnya punya fungsi penting kalau dijalankan dengan benar dan tepat.

Oleh karenanya, ia meminta seluruh kepala daerah di Tanah Air dari gubernur hingga bupati dan wali kota, agar memantau betul pelaksanaannya di lapangan. Di mana dalam penerapannya juga dibantu unsur lain yakni TNI dan Polri.

"Karena yang diperlukan sekarang ini adalah tindakan lapangan, pengawasan lapangan, kontrol lapangan berjalan atau tidak berjalan. Percuma kita membuat sebuah kebijakan policy, tetapi di bawah tidak berjalan," jelasnya.

Turut mendampingi Kepala Negara, yakni Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya