Dikepung Zona Merah, Gibran Percepat Vaksinasi COVID-19 Massal

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA - Kota Solo dikepung sejumlah daerah yang masuk zona merah kasus penyebaran COVID-19. Dengan kondisi seperti itu, Pemkot Solo bersama Polresta Solo dan Kodim 0735 Solo menggelar vaksinasi massal secara serentak di tiga titik.

Terima Parpol Lain Gabung Koalisi Prabowo, Demokrat Tak Pusingkan soal Jatah Menteri

Tak tanggung-tanggung, jumlah vaksin yang disiapkan untuk kegiatan pada hari ini sebanyak 4.000 vaksin.

Antusiasme masyarakat Solo dalam mengikuti kegiatan vaksinasi massal di Kota Solo cukup tinggi. Tiga titik yang menjadi kegiatan vaksinasi massal itu meliputi di GOR Bung Karno Manahan, Balai Kota Solo, Gedung PMS Solo.

Prabowo Minta Pendukungnya Tak Lakukan Aksi di MK

Masyarakat pun antre dengan tertib serta menerapkan protokol kesehatan dengan ketat seperti memakai masker, menjaga jarak dan lainnya.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan kegiatan vaksinasi massal yang mendapat dukungan dari TNI untuk percepatan vaksin di Solo sangat luar biasa. Antusiasme masyarakat untuk mengikuti kegiatan vaksinasi COVID-19 di tiga lokasi itu cukup tinggi.

Prabowo: Tuduhan Prabowo-Gibran Menang Curang Lewat Bansos Sangat Kejam

“Tadi pagi saya lewat di Gelora Bung Karno Manahan antusiasmenya cukup tinggi sekali,” kata dia di Balai Kota Solo, Sabtu, 26 Juni 2021.

Baca juga: Kasus COVID-19 Melonjak, Gibran Yakin Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli

Lantas, putra sulung Presiden Jokowi itu mengungkapkan Kota Solo saat ini dikepung oleh sejumlah kabupaten di kawasan Solo Raya yang masuk zona merah. Oleh sebab itu, ia pun berharap dengan kegiatan vaksinasi massal ini bisa menjadi salah satu ikhtiar untuk mencegah penularan virus corona di Kota Solo.

“Jangan sampai Solo juga menjadi zona merah. Jadi ini percepatan vaksin kita kebut terus dan alhamdulillah antusiasme warga cukup tinggi,” ujar dia.

Bagi warga Solo yang tidak bisa mendapatkan jatah vaksin pada hari ini itu usah khawatir karena Gibran menjamin bahwa kegiatan vaksinasi akan dilakukan secara terus menerus. Tak hanya itu, ia juga menyampaikan kepada warga jika persediaan vaksin di Solo cukup melimpah sehingga kegiatan vaksinasi di Solo bakal dikebut untuk segera mencapai herd immunity.

“Sekali lagi saya sampaikan kepada warga Solo yang mungkin hari ini tidak kebagian vaksin tidak perlu takut, nanti akan ada terus vaksin melimpah. Kita tiap hari tidak pernah berhenti (vaksinasi), di faskes jalan semua, kelurahan-kelurahan , mobil-mobil vaksin semuanya muter. Lansia-lansia yang belum divaksin, kami antar jemput juga,” kata dia.

Sementara itu, Kapolesta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan kegiatan vaksinasi massal secara serentak ini digelar di tiga lokasi. Adapun kegiatan vaksinasi di Balai Kota Solo ditargetkan sebanyak 1.400 vaksin, Gedung PMS sebanyak 1.300 vaksin dan Gelora Bung Karno Manahan sebanyak 1.300 sasaran vaksin.

“Jadi total di tiga spot vaksinasi massal yang kita siapkan pada hari ini target totalnya adalah 4.000 sasaran vaksinasi. Kegiatan ini dalam rangka mendukung program pemerintah pusat yakni program sejuta vaksin sehari. Insya Allah kontribusi 4.000 dari Kota Solo ini akan berkontribusi pencapaian target 1 juta dosis sehari dalam rangka Hari Bhayangkara ke-75,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya