Putri Pedangdut A Rafiq Dilantik Jadi Bupati Pekalongan

Pelantikan Fadia Arafiq menjadi Bupati Pekalongan.
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Putri pedangdut legendaris A Rafiq, Fadia Arafiq resmi menjabat sebagai Bupati Pekalongan. Ia dilantik bersama Wakil Bupati Riswandi, oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Minggu siang 27 Juni 2021 di Gedung Grahadika Bakti Praja Kompleks Gubernuran Jateng, Jalan Pahlawan Semarang.

Jumat Ini KPK Panggil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor soal Korupsi Potongan Insentif

Acara digelar terbatas, dan menerapkan protokol kesehatan ketat. Selain digelar luring, acara juga dihelat secara daring dan disaksikan masyarakat serta jajaran pejabat di Kabupaten Pekalongan.

Pelantikan Fadia Arafiq dan Riswandi dilakukan pada Minggu atau hari libur, menurut Ganjar sebagai pengingat, bahwa pejabat harus setia melayani rakyat.

Demokrat Sebut AHY Kader Terbaik, Sinyal Jadi Menteri Lagi di Kabinet Prabowo-Gibran?

"Karena pelantikannya hari Minggu, maka saya membacanya Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan pasti semangat. Pesan saya, Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan harus mau menghibahkan dirinya untuk melayani rakyat tanpa kenal hari. Harus siap-siap jadi pelayan rakyat dan melaksanakan janji-janji kampanyenya," kata Ganjar dalam sambutannya.

Ia meminta bupati dan wakilnya menerapkan pelayanan yang mudah, murah dan cepat harus benar-benar terwujud di Pekalongan. Integritas harus benar-benar dijaga untuk mewujudkan pemerintahan yang baik. Masyarakat kecil harus dibantu, khususnya UMKM yang terdampak pandemi.

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

"Jangan korupsi, layani masyarakat dengan baik dan mudahkan urusan mereka. Wujudnya adalah apakah mereka punya akun medsos, nomor telepon, Whatsapp yang bisa dibagi ke masyarakat dan responsif menindaklanjuti aduan. Kalau itu bisa dilakukan, maka itu akan jadi ukuran seberapa bersih dan responsifnya pemerintahan," imbaunya.

Terkait penanganan COVID-19, Ganjar meminta Fadia dan Riswandi terus berupaya dalam penanganan COVID-19 dengan memetakan data epidemologis di wilayahnya sampai tingkat RT.

"Kalau ada RT masuk zona merah, langsung lockdown. Kurangi kegiatan yang bersifat keramaian. 5 M mesti diperketat dan 3 T harus terus digencarkan. Karena Pekalongan tidak zona merah, maka ini bagus agar dijaga. Harus waspada, karena daerah kiri kanannya sudah masuk zona merah," tegas Ganjar.

Fadia Arafiq dan Riswandi menegaskan akan bekerja optimal untuk melayani masyarakat Pekalongan.

Laporan kontributor tvOne: Teguh Joko Sutrisno/Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya