WA Pengurus BEM UI Dihack

Ilustrasi pengguna WhatsApp
Sumber :
  • Instagram/@maurovianzedc7

VIVA – Ketua BEM UI Leon Alvinda Putra mengunggah di akun Twitternya tentang peretasan yang dialami anggotanya. Dia menyebut peretasan atau hack itu dialami Kepala Biro Hubungan Masyarakat BEM UI 2021, Tiara Sahfina.

Peringkat UI Terbaik di Indonesia Berdasarkan Pemeringkatan Scimago

Dikutip VIVA dari Twitternya, @Leon_Alvinda, Senin 28 Juni 2021, mengatakan kronologi peretasan akun whatsapp pengurusnya itu. Begini penjelasannya:

Peretasan Akun Media Sosial

13 Orang Satgas PPKS UI Kompak Mengundurkan Diri

Pada tanggal 27 dan 28 Juni 2021, telah terjadi peretasan akun media sosial kepada beberapa pengurus BEM UI 2021, diantaranya sebagai berikut:
1. Pukul 00.56 akun WhatsApp Tiara Sahfina (Kepala Biro Hubungan Masyarakat BEM UI 2021) tidak dapat diakses

Dan tertulis bahwa akun tersebut telah keluar dari telepon genggam Tiara, hingga saat ini akun WhatsApp Tiara belum dapat diakses kembali.

UI Terima 2.105 Calon Mahasiswa Baru Melalui Jalur SNBP 2024

2. Pukul 07.11 WIB akun WhatsApp Yogie (Wakil Ketua BEM UI) tidak bisa diakses dan muncul notifikasi akun tersebut sudah digunakan di HP lain 07.20 WIB akun tersebut sudah bisa digunakan lagi. 

3. Terdapat usaha login dari pihak tidak dikenal kepada akun telegram koorbid Sosial Lingkungan BEM UI, Naifah Uzlah, pada pukul 02:15 WIB.

4. Pada pukul 21.45 WIB akun instagram Syahrul Badri (Kepala Departemen Aksi dan Propaganda BEM UI) mengalami 'restriction' setelah mengunggah beberapa postingan di insta-story menyangkut surat pemanggilan fungsionaris BEM UI oleh pihak UI. Akun masih ada, namun sampai saat ini pemilik akun belum bisa menggunakan akun tersebut seperti biasa.

Dengan ini kami mengecam keras segala bentuk serangan digital yang dilakukan kepada beberapa pengurus BEM UI 2021.

SebelumNya, akun instagram BEM UI memposting foto Presiden Jokowi dengan sebutan The King of Lip Service sebab, Jokowi dianggap sering mengumbar janji kepada publik yang tak sesuai realita.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya