Asrama Haji di Batam Mau Dipakai Rawat Pasien COVID-19 yang Bergejala

Ilustrasi kamar pasien COVID-19
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana

VIVA – Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, mempertimbangkan mengubah fungsi Asrama Haji yang kini untuk mengisolasi warga positif COVID-19 tanpa gejala, menjadi lokasi untuk merawat mereka yang bergejala.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Asrama haji sekarang untuk orang tanpa gejala; kalau penularan COVID-19 meningkat juga, Asrama Haji digunakan untuk yang sakit," kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Batam, Selasa, 29 Juni 2021.

Pertimbangan itu seiring makin meningkatnya kasus penularan COVID-19 di daerah kepulauan. Kini terdapat 1.717 warga yang masih positif COVID-19. Sebanyak 835 orang di antaranya menjalani isolasi mandiri, 436 orang diisolasi di Asrama Haji, dan lainnya dirawat di berbagai rumah sakit rujukan.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Banyak warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 itu bergejala. Berdasarkan catatan Satuan Tugas, pada Senin, terdapat tambahan 162 warga terpapar virus corona, dan 126 di antaranya bergejala.

Wali Kota mengatakan, apabila Asrama Haji digunakan untuk warga positif COVID-19 yang bergejala, maka yang tanpa gejala akan dipindahkan ke beberapa rumah susun.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

"Kita harus siapkan tenaga kesehatan, seolah-olah rumah sakit. Kita perlu dukungan Pemerintah Provinsi [Kepulauan Riau], karena tidak mungkin alat rumah sakit dipindahkan," kata dia.

Ia akan menyurati Pemprov Kepri untuk meminta bantuan alat kesehatan dan tenaga kesehatan. Berdasarkan data keterisian rumah sakit, bed occupancy rate fasilitas isolasi mencapai 87,88 persen. (ant)

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024