Sosok Fatmawati, Ibu dari Rachmawati Soekarnoputri

Soekarno dan istrinya, Fatmawati.
Sumber :
  • Ist

VIVA – Diah Pramana Rachmawati Soekarno atau yang lebih dikenal sebagai Rachmawati Soekarnoputri adalah putri dari presiden pertama RI Ir. Soekarno dengan Fatmawati. Rachmawati Soekarnoputri merupakan anak ketiga dari lima bersaudara pasangan Presiden Soekarno dan Fatmawati. Tadi pagi beliau dikabarkan telah berpulang di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta karena terinfeksi Covid-19. 

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia di Karawang, Ini Kata Mabes TNI

Lalu, siapa ibu Rachmawati Soekarnoputri? 

Perjalanan hidup

Profil Rizki Calon Suami Beby Tsabina yang Punya Karier Mentereng

Rachmawati mengenyam pendidikan dasar hingga menengah di Jakarta. Selain itu, Rachmawati juga aktif mempelajari tari Sunda, Jawa, hingga Sumatera, dan beliau juga menyenangi olahraga anggar, renang, serta bulutangkis. 

Awalnya, beliau bercita-cita menjadi seorang dokter. Tapi beliau lulus SMA dari jurusan sosial sehingga tidak bisa menggapai cita-citanya tersebut, dan pada akhirnya berkuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia tahun 1969. 

Haru, Video Anak Babe Cabita Ungkap Rasa Bangganya ke Sang Ayah

Selain itu, beliau juga sangat aktif di dunia politik, pendidikan, dan sosial. Rachmawati pernah menjadi ketua Gerakan Pemuda Marhaen (GPM, Pengurus Yayasan Bung Karno, Ketua Umum Yayasan Pendidikan Soekarno, hingga terakhir menjadi Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra.  

Sosok Fatmawati Soekarno

Fatmawati merupakan istri dari Presiden pertama Republik Indonesia yang juga merupakan ibu dari Rachmawati Soekarnoputri. Beliau kelahiran Bengkulu pada 5 Februari 1923 yang menganut agama Islam.

Fatmawati merupakan wanita asli pribumi dengan nama asli Fatimah. Fatmawati merupakan keturunan dari pasangan Hassan Din dan Siti Chadijah yang mana kedua orangtuanya ialah keturunan Puti Indrapura atau biasa disebut seorang keluarga raja dari kesultanan Indrapura, Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Ayah Fatmawati terkenal juga sebagai salah satu tokoh Muhammadiyah di Bengkulu. Ibu Rachmawati Soekarnoputri ini dididik dan dibesarkan kedua orangtuanya di Bengkulu.

Fatmawati merupakan Ibu negara Republik Indonesia pertama yang terkenal sebagai sosok wanita yang berjasa dalam menjahit bendera Sang Saka Merah Putih yang dengan tegas dikibarkan pada upacara pertama Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jakarta tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945.

Fatmawati meninggal dunia pada tanggal 14 Mei 1980 pada usia 57 tahun di Kuala Lumpur, Malaysia akibat serangan jantung ketika dalam perjalanan pulang umroh dari Mekkah. Fatmawati disemayamkan di Karet Bivak, Jakarta. Hingga kini nama Fatmawati dijadikan sebuah nama di salah satu Rumah Sakit di Jakarta, nama Fatmawati Soekarno juga dijadikan sebuah nama di Bandara Udara Indonesia tepatnya di Bengkulu, kota kelahiran Fatmawati.
 

Biodata lengkap Rachmawati Soekarno dan Fatmawati:

Nama Lengkap: Diah Pramana Rachmawati Soekarno
Nama Panggilan: Rachmawati Soekarnoputri

Nama Ibu: Fatmawati Soekarno (Bengkulu, 5 Februari 1923)
Nama Ayah: Ir. Soekarno
Agama: Islam
Tempat dan Tanggal Lahir: Jakarta, Jumat September 1950
Usia: 70
Kewarganegaraan: Indonesia
Nama Anak: Hendra Rahtomo, M. Marhaendra Putra, dan M. Mahardika Putra
Nama Saudara: Guntur Sukarnoputra (kakak pertama), Mengawati Soekarnoputri (kakak kedua), Sukmawati Soekarnoputri (adik pertama), dan Guruh Soekarnoputra (adik kedua)
Status Perkawinan: Menikah
Nama Suami: Martomo Pariatman (cerai), Dicky Suprapto (cerai), dan Benny Sumarno


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya