Rachmawati Soekarnoputri Bercita-cita Jadi Dokter tapi Kuliah Hukum

Rachmawati Soekarno Putri
Sumber :
  • Nuvola Gloria/VIVA.co.id

VIVA – Putri Presiden Soekarno (Bung Karno), Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Sabtu, 3 Juli 2021. Ternyata, Rachmawati punya cita-cita ingin menjadi seorang dokter tapi tidak tercapai.

Ngeri! Uang Koin Logam Nyangkut Di Dalam Pita Suara Seorang Remaja

Dilansir dari kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id, Rachmawati Soekarnoputri dilahirkan di Jakarta pada 27 September 1950. Pemilik nama lengkap Diah Pramana Rachmawati Soekarno itu merupakan anak ketiga dari pasangan Soekarno dan Fatmawati.

Rachmawati pernah sekolah di SD dan SMP Perguruan Cikini, Jakarta. Kemudian, SMA Santa Ursula Jakarta. Saat SD dan SMP, Rachmawati belajar menari Jawa, Sunda, dan Sumatera. Olahraganya anggar, renang, dan bulu tangkis. Semula, ia bercita-cita ingin menjadi dokter. Namun, saat lulus dari SMA jurusan sosial, ia kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia tahun 1969.

Kemenkes Ungkap Calon Dokter Spesialis Alami Depresi hingga Mau Bunuh Diri

Anak ketiga dari lima bersaudara ini terkenal aktif mengabadikan nama Sang Bapak, Soekarno yang merupakan Presiden ke-1 Republik Indonesia. Bahkan, Rachmawati ingin meneruskan cita-citanya dengan turut menciptakan masyarakat adil makmur.

Ketika  ibunya, Fatmawati meninggalkan istana sebagai protes atas pernikahan Presiden Soekarno dengan Hartini, ia masih berusia tiga tahun pada 1953. Sejak itu, ia lebih dekat dengan ayahnya. Ia diasuh oleh ibu angkatnya bernama Ibu Hadi, wanita asal Solo, Jawa Tengah.

Mengejutkan! Banyak Calon Dokter Spesialis Alami Depresi, Kemenkes Ungkap Penyebabnya

Ibu tiga anak ini sering menulis. Ia juga mengurusi organisasi Gerakan Pemuda Marhaenis (GPM), Yayasan Bung Karno, dan Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS), serta pendiri Universitas Bung Karno (UBK) pada 1981.

Ilustrasi dokter/rumah sakit.

Marak Kejadian Perundungan, Kemenkes Lakukan Skrining Kesehatan Jiwa Pada Calon Dokter Spesialis

Hasil skrining Kemenkes soal kesehatan jiwa calon dokter spesialis do 28 rumah sakit, terdapat 2.716 calon dokter spesialis yang didiagnosa mengalami depresi.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024