Pantai Anyer dan Makam Sultan Banten Tutup Selama PPKM Darurat

Anyer sepi saat Idul Fitri 2020
Sumber :
  • VIVAnews/Yandi Deslatama

VIVA – Masyarakat harus menahan diri untuk menikmati deburan ombak, bermain pasir dan air laut di wilayah wisata Anyer, Banten. Lantaran, selama Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat, wisata pantai itu ditutup.

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Personel gabungan akan berpatroli dan memberikan himbauan kepada masyarakat dan pengelola wisata, agar mematuhi pelaksanaan PPKM Darurat sejak 3-20 Juli 2021, sebagai langkah menekan penularan COVID-19 di Pulau Jawa dan Bali.

"Tempat wisata ditutup. Ada (patroli, penjagaan dan sosialisasi)," kata Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono, melalui pesan singkatnya, Minggu 4 Juli 2021.

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Baca juga: Saat Ganjar Pranowo Bubarkan Warung Layani Makan di Tempat

Begitu pun kawasan situs Kesultanan Banten, ditutup seluruhnya hingga 20 Juli 2021 mendatang. Wali Kota Serang, Syafrudin, mengaku telah berkomunikasi dengan kenadziran terkait penutupan Masjid Agung Banten dan tempat ziarah para Sultan Banten.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

"Banten lama di tutup, kami juga mengimbau kenadziran untuk ditutup hingga tanggal 20 Juli, seluruhnya," kata Syafrudin.

Ketua Lembaga Peduli Banten Lama (LPBL) yang juga Ketua Satgas Kawasan Banten Lama, Basuni, telah menutup lokasi wisata religi dan bersejarah sejak Sabtu kemarin 3 Juli. Pihaknya memastikan untuk ikut berperan menekan penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Masyarakat dan wisatawan, diminta tidak datang dulu berziarah ke Masjid Agung Banten dan makam Sultan Banten selama pemberlakuan PPKM Darurat tersebut.

"Kami hanya menjalankan instruksi pemerintah. Dimohon masyarakat mengerti dan tidak memaksakan diri untuk datang ke Banten lama," ujar pria yang akrab disapa Ki Babas, Minggu 4 Juli 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya