WNA China Masuk Indonesia saat PPKM Darurat, Ini Kata Luhut

Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • Instagram @luhut.pandjaitan

VIVA – Koordinator atau penanggungjawab PPKM Darurat COVID Jawa dan Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan tanggapan tentang masih saja ada kedatangan Warga Negara Asing ke Indonesia baru - baru ini. Menurut Luhut, syarat bagi WNA masuk ke Tanah Air juga diperketat.

China Cegah Pengungkapan Pelanggaran HAM di Tibet dan Xinjiang oleh Media Asing?

Selain menunjukkan hasil tes swab PCR, warga asing juga wajib menunjukkan kartu vaksin dengan dua kali suntikkan atau dosis, ketika menginjakkan kaki di Tanah Air.

"Setelah itu (karantina) di PCR lagi baru bisa keluar. Jadi prosedur ini kita lakukan dan berlaku di mana mana di dunia. Hanya saja ada yang (karantina) 8 hari ada yang 14 hari ada yang 21 hari tergantung negaranya," kata Luhut dalam Konferensi pers virtual yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, 6 Juli 2021.

Mobil MPV Baru Ini Disebut Senyaman Rolls-Royce

Kata Luhut, tidak ada yang aneh WNA China datang ke Indonesia, meski tengah dilakukan pengetatan di dalam negeri. Pemerintah sendiri, lanjutnya, pun mengetatkan aturan masuk. Dan pengetatan pintu masuk juga berlaku di berbagai negara, meski tetap dibuka.

"Kita lihat dari hasil studinya dari negara yang kita anggap cukup baik, kita berikan 8 hari. Jadi tidak ada yang aneh sebenernya. Kalau ada yang asal ngomong, tidak ngerti masalahnya jangan terlalu cepat ngomong," ujarnya.

China Serang Balik Kritikan Amerika Serikat soal Produksi Mobil Listrik yang Berlebihan

"Kita kan mesti perlakukan sama dengan dunia lain lakukan begitu, kita harus lakukan begitu. Engga bisa dong kita hidup bernegara itu, lu mau, gua engga mau, engga bisa begitu," sambungnya.

Sebelumnya, Ditjen Imigrasi menyatakan, 20 tenaga kerja asing (TKA) asal China masuk ke Indonesia sebelum masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali 3-20 Juli 2021.

Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu 4 Juli 2021 menyebutkan, hasil pantauan di lapangan diketahui bahwa TKA tersebut mendarat di Bandara Internasional Makassar Kabupaten Maros dengan pesawat Citilink QG-426 pada Sabtu (3/7) pukul 20.25 WITA dari Jakarta.

"Seluruh TKA masuk ke Indonesia dan telah melalui pemeriksaan keimigrasian di Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta pada tanggal 25 Juni 2021 yaitu sebelum Masa PPKM Darurat di Jawa dan Bali 3 - 20 Juli 2021," ujarnya.

Ditjen Imigrasi memberikan klarifikasi terkait maraknya pemberitaan tentang masuknya 20 TKA ke wilayah Indonesia pada masa PPKM Darurat Jawa-Bali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya