Muncul Klaster Hajatan, 88 Warga Wonosobo Terpapar COVID-19

Vaksin Covid-19 (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Sebanyak 88 orang warga Desa Kecis, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo, terpapar COVID-19 usai menggelar hajatan beberapa waktu lalu. Saat ini, 47 di antaranya sudah negatif dan tersisa 41 orang yang menjalani isolasi mandiri.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang datang ke desa tersebut menyampaikan kepada warga untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah dibuat. Tidak perlu membuat kegiatan yang menimbulkan kerumunan.

"Kalau hajatan kan mesti pada nggak pakai masker to? Pakai masker? Lha nek pas makan? terus duduknya dekat-dekatan," kata Ganjar, Kamis, 8 Juli 2021.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Ganjar menambahkan, agar warga berhati-hati dalam beraktivitas di tengah pandemi. Ia mengingatkan agar kegiatan seperti hajatan dan sebagainya sebaiknya ditunda dulu.

“Segitu banyak lalu gimana ngurusnya? Jogo Tonggonya aktif? Ada yang ngontrol mereka nggak selama isoman,” tanya Ganjar.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

“Ada bidan desa pak, Jogo tonggo aktif kita juga bagikan sembako. Kita masak juga untuk mereka pak,” ujar Eko, salah seorang tokoh warga.

Ganjar meminta koordinator Jogo tonggo serta bidan membuat WhatsApp Grup dengan para warga yang isoman. Grup tersebut agar memudahkan warga yang isoman untuk berkomunikasi dan menyampaikan kebutuhannya.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno-tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya