Pengamat Anggap Wajar LPI Nobatkan Kepala BIN Terbaik

Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan dan Ketua DPR Puan Maharani
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pengamat politik yang juga Direktur Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai, cukup beralasan jika Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menyimpulkan hasil kajiannya bahwa Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, adalah yang terbaik.

Kepala BIN Lepas Jakarta BIN dan STIN BIN Untuk Proliga 2024, Megawati Ungkap Harapan

Terutama terkait dengan kinerjanya di masa pandemi COVID-19 saat ini. BIN menurutnya banyak bergerak, dan sejalan dengan model kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

"Selain profesional, Pak Budi Gunawan juga pemimpin yang punya hati. Ia selaras dengan roh pemerintahan Presiden Jokowi," kata Karyono, Kamis 8 Juli 2021.

Kepala BIN: Kita Sangat Optimis, Tim Voli BIN Bisa Jadi Juara Proliga 2024

Setidaknya ada tiga indikator yang digunakan LPI. Yakni kepemimpinan, kebijakan, dan responsif. Oleh sebab itu, Karyono mengatakan sudah benar kalau BIN diberi posisi yang terbaik.

"Dalam hal daya tanggap, misalnya, jelas Kepala BIN, Panglima TNI, dan Kapolri yang terbaik karena memang institusi itulah yang paling terdepan dalam mengatasi COVID-19 ini dari awal," katanya. 

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

LPI mengukur kinerja kabinet dalam merespon pandemi COVID-19. Kepala BIN Budi Gunawan meraih skor 99 dalam skala 0-100. Lalu Panglima TNI dan Kapolri sama-sama meraih nilai 98. Disusul Menkopolhukam Mahfud MD (96), Menteri Agama Yaqut Cholil (95), Menteri BUMN Erick Tohir (94), Menteri Sosial Risma (93), dan Mendagri Tito Karnavian (91).
 

Ilustrasi online shop, belanja online, jualan online

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

Live selling ini merupakan strategi pemasaran yang dilakukan lewat siaran langsung secara online, di mana penjual berinteraksi secara waktu nyata dengan audiens.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024