Penampakan Banjir dan Longsor di Kota Ambon

Banjir di Batu Merah Asrama, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon
Sumber :
  • tvone/ Christ Belseran-Usman Mahu

VIVA – Hujan dengan intensitas tinggi sejak minggu kemarin sore 11 Juli 2021 mengguyur sejumlah wilayah di Kota Ambon. Hujan berlangsung hingga malam harinya. Akibat hujan lebat ini, menyebabkan sejumlah wilayah dilanda bencana banjir dan longsor.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Kawasan terparah terendam banjir adalah permukiman padat penduduk di Desa Batu Merah, seperti Batu Merah Asrama, gang Banjo, RT 002/RW 016 kampung Rinjani Kelurahan Waihoka, Gang Cokro Desa Waiheru, Desa Passo, serta jalan protokol A.Y Patty Ambon.

Dari pantauan VIVA minggu malam di lokasi kelurahan Waihoka dan Desa Batu Merah, sekitar terlihat banjir menggenangi rumah-rumah warga setinggi pinggang orang dewasa. Banjir yang menggenangi permukiman warga ini terjadi sekitar pukul 20.00 WIT.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Aron Nahuwae, seorang warga RT 03/RW 04, Kelurahan Waihoka mengatakan banjir yang menggenangi rumahnya itu berasal dari luapan sungai Ahuru. Luapan air sungai ini terjadi karena sungai tidak mampu menampung debit air bila datang musim penghujan. Luapan air sungai Ahuru menabrak talud pembatas sungai, dan masuk ke permukiman warga.

Selain karena luapan sungai, kata Aron banjir yang menggenangi mereka terjadi akibat badan sungai Ahuru sudah ditutupi oleh material pasir dan batu akibat proyek pengerjaan DAS oleh Balai Sungai, Kementerian Pekerjaan Umum.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait agar, mereka bisa mengeruk sungai ini agar saat musim penghujan tidak lagi masuk ke permukiman kami. Sungai itu sekarang sudah mulai sejajar dengan talud akibat tertutup material pasir dan juga tanah,” ujarnya.

Ia berharap, pemerintah segera menindaklanjuti permintaan mereka, agar kedepan bisa langsung mengeruk material di dalam sungai.

Selain Kelurahan Waihoka, banjir juga merendam permukiman warga di kawasan Batu Merah Asrama TNI. Air merendam permukiman warga setinggi pinggang orang dewasa. Banjir di lokasi ini juga berasal dari luapan sungai Way Batu Merah, yang hulunya berasal dari sungai Ahuru.

Kawasan Batu Merah asrama merupakan langganan banjir jika datangnya musim hujan. Akibat banjir, sebagian warga harus mengungsi ke tempat aman, seperti masjid, sekolah, dan juga rumah kerabat mereka yang aman.

“Banjir masuk di rumah sekitar jam 10 malam dan langsung katong (kita) mengungsi ke masjid ini,” kata mama Pat, warga Kawasan Batu Merah Asrama, Desa Batu Merah.

Bagi mama Pat, banjir telah menjadi langganan bagi ia dan warga di permukiman Kawasan Batu Merah Asrama, jika terjadi hujan lebat. Ia berharap agar pemerintah bisa mencari solusi yang terbaik bagi mereka.

Selain banjir yang mengepung pemukiman warga, bencana lainnya yang terjadi adalah longsor dan pohon tumbang. Selain itu, luapan sungai juga menggerus tanah hingga sebagian badan jembatan roboh. 

Photo :
  • tvone/ Christ Belseran-Usman Mahu

Sebuah rumah di dekat sungai air besar halong juga ikut longsor dan ambruk. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Dikhatirkan jembatan penyeberangan yang menghubungkan Kecamatan Baguala ke pusat Kota Ambon ini akan ambruk jika hujan terus mengguyur.

Hingga saat ini belum diketahui data jumlah bencana yang terjadi di Kota Ambon hingga, Senin 12 Juli 2021 dini hari.

 
Laporan: tvOne/ Christ Belseran-Usman Mahu, Ambon-Maluku

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya