Jokowi Lantik 700 Perwira Remaja TNI-Polri di Istana

Presiden Jokowi melantik 700 perwira remaja TNI-Polri secara virtual
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo melantik 700 perwira remaja TNI-Polri dalam upacara Prasetya Perwira (Praspa). Bertempat di Istana Merdeka, Jakarta, upacara Praspa dihadiri lewat perwakilan Perwira dan secara virtual.

Kirim Surat Amicus Curiae ke MK, Megawati Singgung Etika Presiden Jokowi

Sekadar diketahui, ini merupakan tahun kedua bagi Presiden Jokowi melantik perwira institusi TNI-Polri yang baru saja lulus akademi di masa pandemi COVID-19. Mereka para perwira terdiri datang dari matra Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Kepolisian.

Dalam pidatonya, Kepala Negara berpesan, tentang tanggung jawab besar para calon petinggi institusi TNI-Polri itu. Negara, kata Presiden, menunggu kerja-kerja nyata para perwira remaja yang baru saja dilantik. Pasalnya, mereka harus menjaga dan melindungi Pancasila dari gelombang luar, serta menjaga toleransi antar bangsa Indonesia.

PDIP: Serangan Iran ke Israel Dikhawatirkan Perburuk Perekonomian Indonesia

"Tanggung jawab saudara-saudara sangat besar, saudara-saudara harus melindungi Pancasila dari benturan gelombang ideologi dari luar. Saudara harus menjaga Bhinneka Tunggal Ika, menjaga toleransi antar anak bangsa," kata Jokowi, Selasa 13 Juli 2021.

Presiden pun mengatakan kepada perwira harus terus menjaga persatuan dalam keragaman Indonesia. Jokowi pula mengingatkan supaya selalu memegang teguh kode etik dan jati diri sebagai perwira.

Bantah Kunjungan Jokowi ke Sumut Cawe-cawe Pilgub, Bobby Nasution: Mau Lihat Cucu

"Junjung kehormatan dan kecintaan sebagai perwira TNI dan Polri. Pelihara kekompakan antara sesama perwira TNI dan Polri dengan tetap menghormati fungsi dan tugas masing-masing dan melangkahlah ke gelanggang pengabdian dengan tegar dan optimisme," ucapnya.

Ke depan, kata Jokowi, persaingan di tingkat global semakin ketat.

"TNI-Polri juga harus terus menjaga persatuan dalam keragaman Indonesia. Di samping itu, Jokowi mengingatkan perwira TNI-Polri agar selalu memegang teguh kode etik dan jati diri sebagai perwira," kata Presiden.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya