Istana Jelaskan Gambar di Akun IG Jokowi Mirip Media Turki

Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Sebuah gambar ilustrasi di akun Presiden Joko Widodo, @jokowi yang diunggah Senin kemarin 12 Juli 2021, sempat menjadi perbincangan di media sosial. Ada yang menyebut, mirip dengan gambar yang diunggah salah satu media di Turki.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Sekilas cukup mirip. Hanya dalam unggahan di akun Kepala Negara tersebut, sosok orangnya menggunakan masker double. Sementara yang di media Turki, tidak seperti itu.

Menanggapi kemiripan itu, Deputi Bidang Pers, Media dan Protokol Sekretariat Presiden Bey Machmudin memberi penjelasan. Konten itu, kata Bey, situs milik akun kreatif digital berbayar dan pihaknya berlangganan. 

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

Baca juga: Said Didu Sarankan Ini untuk Vaksin Berbayar

"Ilustrasi dari IG @jokowi berasal dari sebuah situs konten kreatif digital berbayar, dimana tim kami sudah berlangganan sejak lama dan masih memiliki subscription yang aktif sehingga diperbolehkan untuk menggunakan dan memodifikasinya. Penggunaan yang kami lakukan juga kami sesuaikan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dari situs tersebut," jelas Bey saat dikonfirmasi, Selasa 13 Juli 2021.

Hasto PDIP Jawab Tudingan Jadi Penghambat Pertemuan Jokowi-Megawati

Dengan begitu, lanjut Bey, kemungkinan adanya kemiripan bisa saja terjadi. Itu menjadi hal umum dalam perkembangan konten kreatif apalagi yang berlangganan.

"Hal Ini merupakan hal umum dilakukan dengan berkembangnya creative source termasuk dalam hal design grafis, musik, klip video dan lain sebagainya. Kesamaan desain pada suatu konten dapat terjadi karena siapa saja yang berlangganan layanan situs konten kreatif tersebut bisa mengunduh desain yang sama," jelasnya.

Gambar yang disebut mirip dengan yang diunggah Instagram @jokowi adalah dari laman media Turki mersiplus.com yang dijadikan gambar untuk artikel berjudul aslinya (DEPREM, TRUMP-B?DEN DERKEN UNUTULDU AMA DURUM ?Ç AÇICI DE??L).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya