Kini Warga Kabupaten Mimika Bisa Mendaftar Vaksin Secara Daring

(Ilustrasi) Vaksinasi COVID-19.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Pemerintah saat ini tengah berusaha menggencarkan program vaksinasi secara merata untuk menanggulangi wabah corona yang melanda Indonesia.

Seorang Pria Nekat Terobos Istana Negara di Malam Takbiran, Polisi Bilang Begini

Meski diantara masyarakat masih ada yang menolak untuk divaksin karena alasan pribadi dan sebagainya, namun pemerintah tetap berupaya keras agar seluruh masyarakat bisa mendapatkan vaksin.

Sempat beredar di media sosial Tiktok seorang warga Papua yang mengkritik pemerintah karena tidak mendapatkan vaksin.

Modus Sahur On The Road, 38 Remaja Diamankan Hendak Tawuran

Kini, warga Papua dan sekitar bisa melakukan vaksin untuk kekebalan tubuh agar tidak terinfeksi virus corona.
Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Kabupaten Mimika, Papua memiliki antusias yang cukup tinggi mengenai program vaksinasi yang telah ditetapkan pemerintah.

Membludaknya pendaftaran vaksin, kini Warga Kabupaten Mimika bisa mendaftar Vaksin secara daring. Ketua IKT terpilih Yusuf Rombe Pasarrin mengatakan bahwa tujuan dilakukannya vaksinasi ini untuk mendukung  program pemerintah mencegah penyebaran virus Covid-19.

Viral di Media Sosial, Dugaan Aksi Teror dan Premanisme di Qubu Resort Kalbar

Selain itu, vaksinasi ini juga bertujuan untuk membentuk kekebalan kelompok (herd imunity) serta melindungi kesehatan masyarakat.

Banyaknya antusias warga, Vaksinasi di Mimika diperluas. Pemerintah Kabupaten Mimika, bekerjasama dengan Polres Mimika membuka gerai vaksinasi bagi warga setempat di lokasi yang lebih luas dari biasanya.

Gerai vaksinasi yang dibuka Polres Mimika bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Mimika, dengan melibatkan tenaga kesehatan dari sejumlah puskesmas, termasuk tenaga kesehatan dari Polres Mimika dan Satuan Brimob.
Program vaksinasi ini sudah berlangsung sejak Senin (5/7/2021) yang berlokasi di Gedung Tongkonan, Jalan Sam Ratulangi, Timika.

Sebetulnya, proses vaksinansi ini sudah direncanakan sejak bulan Maret 2021 lalu. Namun, rencana tersebut tertunda karena masih banyak masyarakat yang ragu dan belum memahami manfaat vaksin itu sendiri.

Inilah yang menyebabkan proses vaksinasi baru diselenggarakan. Rombe juga mengatakan jika IKT terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan vaksinasi.

Sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat paham akan pentingnya vaksinasi di era pandemi yang sedang terjadi saat ini.

Target program vaksin ini diberikan untuk warga sekitar 600 orang saja, namun ternyata antusias warga untuk mendapatkan vaksin sangat tinggi yang mencapai hingga 1.000 pendaftar.

Kegiatan vaksinasi ini juga melibatkan beberapa tim kesehatan dari beberapa Puskesmas seperti Puskesmas Timika, Puskesmas Wania, Puskesmas Pasar Sentral hingga Puskesmas Mapurujaya. TNI-Polri juga turut andil dalam mengawal proses berjalannya vaksinasi yang dilakukan di Kabupaten Mimika.

Untuk warga Papua sekitar yang ingin mendaftar bisa melalui online pada situs vaksinasimimika.com. Terdapat tiga lokasi vaksinasi yang diselenggarakan oleh Kabupaten Mimika yaitu, Polres pelayanan 3 Raja, Mess Rajawali Lanud Yohanis Kapiyu, dan juga Terminal Lama Bandara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya