Sempat Sulit Diidentifikasi, 2 Jenazah Teroris Poso Dimakamkan

Pemakaman dua teroris MIT Poso
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Dua jenazah buronan teroris Poso dimakamkan sesuai syariat Islam di pemakaman umum Poboya Palu, Rabu, 14 Juli 2021 malam.

Polri: Pengemudi GranMax Kecelakaan Maut KM 58 Alami Microsleep

Setelah dimandikan dan dikafani serta di salatkan di ruang instalasi jenazah Rumkit Bhayangkara, kedua jenazah dimasukkan ke peti mati yang sudah disiapkan dan selanjutnya di bawa ke lokasi pemakaman umum Kelurahan Poboya Palu.

"Setelah dilakukan autopsi dan pengambilan sidik jari oleh tim DVI dan Inavis Polda Sulteng, kedua jenazah teroris Poso langsung dimakamkan di pemakaman umum Kelurahan Poboya Palu secara Syariat Islam," ucap Wakil Kepala Satuan Tugas Hubungan Masyarakat Operasi Madago Raya, Ajun Komisaris Besar Polisi Bronto Budiyono kepada wartawan, Kamis 15 Juli 2021.

Tangis Keluarga Pecah saat Terima 12 Jenazah Korban Kecelakaan Maut KM 58

Jenazah keduanya sempat kesulitan diidentifikasi karena membusuk. Tapi, pada akhirnya Tim Disaster Victim Indentivication (DVI) telah melakukan autopsi dan pengambilan sampel sidik jari oleh tim inavis Polda Sulteng di Rumah Sakit (Rumkit) Bhayangkara Palu.

“Kondisi kedua jenazah yang sudah membusuk dikarenakan hari keempat baru berhasil dievakuasi, menyulitkan identifikasi untuk mengetahui identitas kedua jenazah, sehingga diputuskan untuk segera dimakamkan,” kata dia.

12 Korban Kecelakaan Maut di KM 58 Tol Japek Teridentifikasi, Ini Daftarnya

Lebih lanjut dia mengatakan, pihak Rumkit Bhayangkara Palu tinggal melakukan pengambilan sampel DNA dari keluarga kedua jenazah. Sehingga, kembali diharapkan kepada keluarga kedua jenazah untuk kooperatif untuk mendukung identifikasi kedua jenazah tersebut.

"Apabila sampel DNA dari keluarga kedua jenazah sudah bisa diambil, maka hasilnya paling cepat enam hari akan dapat diketahui identitas kedua jenazah tersebut dan Kepolisian sesegera mungkin akan menyampaikan informasi perkembangannya kepada masyarakat," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Kasatgas Humas Operasi Madago Raya, AKBP Bronto Budiyono mengatakan, proses evakuasi terhadap 2 jenazah buronan teroris Poso akhirnya berhasil. Jenazah mereka diterbangkan ke Palu menggunakan pesawat Heli Super Puma milik TNI pada Rabu, 14 Juli 2021.

“Instalasi jenazah Rumah Sakit Bhayangkara Palu pada pukul 15.30 WITA telah menerima dua jenazah DPO teroris Poso dari Koopsgabsus TNI dan Satgas Madago Raya,” kata Bronto melalui keterangannya.

Baca juga: Jenazah 2 Teroris Poso Membusuk Sampai Sulit Diidentifikasi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya