Amalan Doa yang Wajib Dibaca Saat Terpapar Virus Covid-19

Acara doa bersama Bakrie Amanah
Acara doa bersama Bakrie Amanah
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ustaz Amir Faishol menyarakan kepada semua masyarakat apabila ketika mendapatkan masalah salah satunya terkena wabah positif Covid-19, agar dapat membaca doa ini hasnunnal wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir yang artinya 'cukuplah Allah sebagai tempat diri bagi kami, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami'.

Begitu juga ketika kita positif Covid-19 dan kondisi napasnya sesak dan tidak mendapatkan tabung oksigen di rumah sakit ataupun ketika isolasi mandiri di rumah maka diharapkan dapat membaca doa tersebut.

Ustaz Amir mengatakan, bahwa doa itu yang pernah dipanjatkan Nabi Ibrahim AS ketika dimasukan dalam bakar api yang menyala-nyala oleh para musuhnya saat itu.

"Yang dibaca Nabi Ibrahim ketika dilempar dalam api. Ini zikir kepasrahan dan memang zikirnya pendek. Bisa dibaca kapan saja. Saat pun kita enggak punya oksigen, napas tesengal-sengal kita bisa baca zikir ini: hasbunnal wanikmal wakil. Cukup Allah sebagai pelindungku, dan Allah sebagia wakilku dan aku serahkan diriku kepada-Mu." Kata Ustaz Amir dalam acara doa bersama Indonesia Bebas Corona oleh Bakrie Amanah secara virtual di Jakarta, Kamis, 15 Juli 2021.

"Ini zikir pendek soilusi semua persoalan saat pasrah-pasrah kita Nabi ketika dikepung di Kota Madina baca Hasbunall wanikmal wakil, saya baca sekarang aja merinding. Benar terasa banget langsung tenang sekali. Enggak rasa khwatir takut dan sebagainya," tambahnya.

Dalam kondisi pandemi ini, ia menyarankan harus berprasangka baik kepada Allah. Ketika permasalahan disikapi dengan prasangka baik maka akan terasa tenang setiap ada masalah.

"Kalau berprsangka baik itu aura tenang, aura bahagia, Allah turun tangan. Kalau berprasangka negatif maka aura menakutkan cemas dan menakutkan," katanya.