Ganjar Numpang Makan di Polsek Desa, Polisi Merasa Terhormat

Ganjar Pranowo numpang tempat untuk makan di kantor Polsek
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Kantor Polsek Kranggan Temanggung berada di tepi jalan antara Secang Magelang menuju arah Temanggung dan Wonosobo. Bangunannya tak begitu besar. Suasana Kamis siang, 15 Juli 2021 di kantor polsek Kranggan pun relatif sepi. Tampak hanya 2 orang petugas piket duduk di kursi ruang pelayanan yang siang itu sedang jam istirahat.

3 Toko Roti di Gaza Dibuka Kembali untuk Pertama Kalinya Sejak Perang Israel-Hamas Oktober 2023

Keduanya mengamati sebuah mobil Innova masuk ke area parkir mapolsek. Mereka pun menunggu tamu turun yang biasanya setelah parkir menuju ruang pelayanan tempat mereka berjaga. 

Namun mereka kemudian tampak terhenyak. Ternyata yang turun seorang pria jenjang dengan pakaian khas Jawa lengkap dengan beskap dan blangkon. Mereka mengaku heran karena siang bolong begitu dan tak ada hajatan muncul sosok pakai blangkon. 

Kebakaran Toko Bingkai di Mampang, Polisi Sebut Ada 7 Orang Terjebak di Lokasi

Namun begitu melihat wajah pria berblangkon tersebut mereka pun baru sadar dengan wajah familiar tersebut adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Barulah keduanya terkejut dan langsung berdiri menyambutnya.

"Selamat siang pak, saya mampir mau numpang makan siang di sini ya," kata Ganjar menyapa.

Berasa di Curug, Emak-emak Indonesia Gelar Tikar dan Makan Lesehan di Bandara Changi

Satu anggota kemudian berlari ke dalam. Tak lama kemudian, ia kembali bersama seorang polisi yang tak lain adalah Kapolsek Kranggan AKP Sugihartono.

"Siap pak Ganjar, monggo," kata Sugihartono.

Kapolsek pun menawarkan ruangannya untuk lokasi Ganjar makan siang. 

Di ruangan itu Ganjar duduk di kursi kayu lalu melahap ransum bekal makan siang yang berisi nasi putih, sayur jipang, kering tempe, telur dadar dan udang.

Ia pun menawarkan makan siang kepada petugas.

"Monggo pak ikut makan. Itu di mobil ada nasi kotak tolong ambilkan. Itu pak polisi di sana juga dikasih," kata Ganjar kepada ajudannya.

Ganjar selama PPKM darurat memang kerap membawa bekal sendiri dari rumah. Hal itu dia lakukan agar tidak harus makan di warung yang menurut aturan tidak diperbolehkan kecuali dibungkus. Ia pun berinisiatif sekaligus mrmberi contoh bagaimana menyiasati dengan bawa bekal sendiri sekaligus berhemat.

Ia pun menikmati bekalnya di manapun ketika jamnya makan siang. Sebelumnya ia makan di bawah pohon area parkir pos PJR tol Pemalang beberapa waktu lalu. Ia juga pernah makan siang di taman daerah Kledung Temanggung. Hari ini, Ganjar mampir madhang di kantor Polsek Kranggan Temanggung.

"Terus terang saya kaget, enggak menyangka dan ini sangat luar biasa. Saya merasa terhormat. Saya kira tadi tamu dari Polres atau Kabupaten seperti biasanya eh ternyata pak Gub. Pak bupati saja belum pernah ke sini," cerita Kapolsek Kranggan, AKP Sugihartono sambil tersenyum.

Ia menilai, cara Gubernur Ganjar makan siang bawa bekal bisa jadi contoh bagaimana menyikapi situasi saat ini.

"Apalagi ini PPKM Darurat kan memang tidak boleh makan di warung. Beliau memberikan contoh. Selain itu Beliau sangat disiplin sekali dalam penerapan prokes, tadi saya nemani makan juga harus berjarak dan ada anggota saya maskernya turun langsung diingatkan," kata dia.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya