Ngaku Mengantuk, Pemotor Wanita Tak Bermasker Masuk Tol di Surabaya

Polisi menilang sepeda motor wanita yang nekat masuk tol Surabaya.
Sumber :
  • Sat PJR Polda Jatim.

VIVA - Seorang pengendara sepeda motor bernama Firli ditangkap petugas Patroli Jalan Raya (PJR) Kepolisian Daerah Jawa Timur gara-gara mengendarai motornya di jalur Tol Dupak II Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat siang, 16 Juli 2021. Saat diperiksa, ia mengaku mengantuk dan tidak hafal jalan karenanya nyasar ke jalur tol.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Petugas bergerak setelah menerima laporan dari pengguna jalan. Kepala Satuan PJR Polda Jatim Ajun Komisaris Besar Polisi Dwi Sumrahadi menuturkan, Firli mengendarai motor Honda Scoopy bernomor polisi L 4497 EX dan masuk tol melalui Gerbang Tol Pasar Turi.

Dari sana wanita 25 tahun itu kemudian mengarahkan motornya naik ke atas dan berputar menuju Semanggi ke arah Tanjung Perak. Saat diperiksa, Firli mengaku hendak pulang ke Karangpilang namun tidak hafal jalan.

2 Motor Adu Banteng di Kembangan Jakbar, 1 Orang Tewas

“Dia juga mengaku mengantuk karena semalam tidak tidur,” kata Dwi dikonfirmasi wartawan.

Baca juga: Viral Pengendara Nmax Masuk Tol Jagorawi

Donald Trump Ketiduran saat Jalani Sidang Kasus Suap

Panit PJR Jatim II Inspektur Polisi Dua Mathius Jaka menerangkan saat diciduk pemotor itu tidak mengenakan helm dan juga tidak bermasker. Sudah begitu, ia juga tidak membawa Surat Izin Mengemudi dan Surat Tanda Nomor Kendaraan.

"Pengendara kita berikan tindakan tilang supaya memberi efek jera. Untuk barang bukti motor diamankan di kantor PJR Induk Jatim II," ujar Jaka.

Akibat kenekatannya, Firli ditindak dengan Pasal 287 Ayat (1) UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Itu bukan kejadian pertama pengendara motor masuk tol di Surabaya. Sebelumnya, pengendara becak yang membawa dua penumpang juga masuk Tol Surabaya-Gresik pada Jumat, 14 Mei 2021 lalu. Becak itu juga masuk dari Tol Dupak yang tanpa palang dan keluar di pintu Tol Tandes Timur I.

"Begini-begini ini kami data, cuma ini viral karena becak. Sebenarnya di tempat kita beberapa kali terjadi walaupun tidak sering, tapi sepeda motor dan sepeda pancal (sepeda angin). Itu orang-orang nekat. Jadi, mereka memang sengaja [masuk tol]," kata Manajer Humas PT Margabumi Matrajaya Andjar Hari Sutoto, pengelola Tol Surabaya Gresik, dihubungi VIVA pada Sabtu, 15 Mei 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya