Muzani: Bantuan dari Pemerintah Biar Bikin Dapur Tetap Ngebul

Sekretaris Jenderal Gerindra dan Ketua Fraksi Gerindra di DPR, Ahmad Muzani
Sumber :
  • Dok. Ahmad Muzani

VIVA – Fraksi Partai Gerindra DPR RI, memberikan respons terkait keputusan Pemerintah yang memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sampai akhir Juli 2021. Gerindra tak mempermasalahkan perpanjangan PPKM Darurat selagi kesejahteraan masyarakat dijamin Pemerintah.

Wacana Prabowo Tambah Kementerian, Ketum Projo: Pokoknya yang Terbaik untuk Bangsa, Kita Dukung

Ketua Fraksi Partai Gerindra di DPR, Ahmad Muzani, meminta pemerintah agar memberi bantuan kepada masyarakat yang terdampak PPKM darurat ini. Sebab, banyak dari masyarakat yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hariannya selama PPKM Darurat.

"Upaya untuk memberi bantuan kepada masyarakat yang terdampak PPKM darurat sungguh menjadi penting, supaya ketaatan mereka kepada PPKM darurat ini tidak terganggu oleh ketidaktersediaan bahan pangan di keluarganya. Sehingga dapur tetap ngebul," kata Muzani Minggu 18 Juli 2021

Gerindra Hormati Sikap Ganjar Pilih Oposisi

Menurutnya, mereka yang paling terdampak akibat kebijakan ini rata-rata adalah para pelaku UMKM dan pekerja sektor informal. Diantaranya pedagang kaki lima, pedagang di pasar tradisional, warung-warung makan yang buka sampai malam, kedai-kedai kopi, buruh lepas, supir angkot hingga tukang ojek. 

"Bantuan yang akan diberikan untuk mereka akan memberi arti besar bagi ketaatan mereka dalam mentaati PPKM darurat," Ujar Muzani. 

Khofifah Lebih Nyaman Berduet Dengan Emil di Pilkada Jatim, Gerindra Bahas Bersama KIM

Muzani menilai memang ada perbedaan ketika pemerintah menerapkan kebijakan PSBB dahulu dengan PPKM darurat sekarang. Ketika PSBB, pemerintah memberi bantuan sembako dan uang tunai ke masyarakat terdampak sehingga daya beli mereka tertopang dan masyarakat lebih disiplin.

"Dalam PPKM darurat ini, ada suasana yang berbeda karena kebutuhan keluarga yang mendesak di satu sisi dan upaya mencegah penyebaran COVID-19 di sisi lain. Pendekatan dan komunikasi juga kadang terjadi masalah di lapangan, inilah yang kemudian sering disalahpahami dari kebijakan PPKM darurat ini," ujar Muzani

Menurut Muzani, bagi orang-orang yang bergantung dari penghasilan harian, kalau persoalannya pada pemenuhan kebutuhan keluarga, maka akan menjadi dilema. Maka dari itu, bantuan yang didistribusikan untuk mereka menjadi hal yang penting.

Partai Gerindra, kata Muzani, akan terus membantu kerja-kerja pemerintah dalam menanggulangi pandemi corona ini. Termasuk kebijakan memperpanjang PPKM Darurat, karena hal itu adalah solusi atas masalah ini. 

"Kami juga mengajak masyarakat untuk bahu-membahu mentaati aturan yang telah ditetapkan pemerintah selama PPKM darurat ini. Pandemi ini adalah musibah yang tentu tidak kita inginkan, maka kita perlu bersatu bersama sama pemerintah memerangi COVID-19" ujar Muzani.  
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya