Amien Rais Sebut TNI-Polri Tak Terlibat Peristiwa KM 50, HRS: Blunder

Polisi melakukan rekonstruksi penembakan 6 anggota FPI di Tol Cikampek Km 50
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Mantan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Muhammad Rizieq Shihab atau Habib Rizieq menyebut temuan tim pengawal peristiwa pembunuhan (TP3) enam Laskar Front Pembela Islam (FPI) di Kilometer50 Tol Jakarta-Cikampek sangat prematur.

Modus Tipu-tipu Masuk TNI-Polri, Nina Wati Dilaporkan Bikin Korban Rugi hingga Rp1 Miliar

“Pernyataan AR (Amien Rais, selaku Ketua TP3 enam Laskar FPI) terlalu prematur. Karena itu urusan nanti saat pembuktian di Pengadilan HAM,” kata Kuasa Hukum Habib Rizieq, Azis Yanuar pada Senin, 19 Juli 2021.

Dalam laporannya, TP3 yang diketuai Amien Rais mengungkapkan bahwa seluruh fakta yang disajikan berdasarkan fakta objektif dan sebagian besar datanya dari sumber primer bukan sekunder. Artinya, yang disuguhkan dalam buku putih adalah hasil wawancara dengan para saksi yang berani buka mulut, keluarga korban dan fakta-fakta lewat video.

Top Trending: Kisah Jenderal Agus Subiyanto, Sosok Aiptu FN hingga Istri Baru Habib Rizieq

“Jadi bukan kata ini, kata itu yang tidak berkaitan sama sekali dengan masalah pelanggaran HAM berat yang kita ekspose dalam buku putih ini,” kata Amien dikutip dari YouTube FNN TV pada Jumat, 9 Juli 2021.

Menurut Amien, dalam temuan TP3 ini bahwa Polri dan TNI sama sekali tidak terlibat dalam skenario maupun implementasi dari pelanggaran HAM berat itu. Tentu, kata dia, ini merupakan temuan yang menggembirakan karena tidak ada keterlibatan dari aparat TNI maupun Polri dalam kasus penembakan enam Laskar FPI.

THR ASN, TNI/Polri hingga Pensiunan Cair! Sri Mulyani Sudah Salurkan Rp 13,4 Triliun

“Alhamdulillah kita bersyukur, TNI dan Polri tidak terlibat baik skenario apalagi pelaksanaan. Jadi kita bangga tulang punggung keamanan bangsa namanya Polri, dan tulang punggung pertahanan namanya TNI itu tidak terlibat sama sekali. Jadi ini berita gembira,” ujar mantan Ketua MPR RI ini.

Dengan begitu, Azis menilai pernyataan Amien Rais sangat blunder karena merugikan tim dan korban serta keluarganya. Namun sebaliknya, menguntungkan pihak lawan.

“Pernyataan AR jadi bumerang bagi TP3, karena AR ada dalam TP3 dan pernyataan tersebut bisa menguatkan skenario rezim via polisi bahwa tragedi KM50 hanya pelanggaran kriminal biasa,” jelas dia.

Selain itu, kata Azis, pernyataan Amien Rais kontra produktif sehingga jadi celah dimanfaatkan lawan dan rezim via Menteri Polhukam Mahfud MD langsung kesenangan dengan pernyataan Amien Rais tersebut.

“Selama ada dugaan kuat keterlibatan sejumlah jenderal dan dilakukan secara sistematis dengan garis hirarki komando, dan melibatkan beberapa institusi seperti TNI, Polri dan BIN. Maka, dugaan kemungkinan keterlibatan institusi sangat besar, sekurangnya ada abuse of power dalam institusi TNI, Polri dan BIN,” ujarnya.

Lalu, Amien mempertanyakan siapa yang bertanggungjawab dalam kasus tersebut. Disinilah, kata dia, diperlukan keterbukaan sekaligus kejujuran serta proses hukum yang terbuka dan setransparan mungkin, agar selama ini kasus pelanggaran HAM yang dibuat remang-remang oleh pihak tertentu dan diharapkan hilang dengan sendirinya, itu tidak akan terjadi.

“Insya allah, tidak akan terjadi,” tandas Amien Rais.

Baca juga: Amien Rais Sebut TNI-Polri Tak Langgar HAM Berat Kasus 6 Laskar FPI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya