Muhammadiyah Solo Tak Anjurkan Penyembelihan Kurban Selain di RPH

Tiga orang petugas dengan mengenakan masker dan pelindung wajah sesuai protokol kesehatan pencegahan COVID-19 menyembelih sapi kurban dalam momen hari raya Idul Adha di Kota Solo, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Pimpinan Muhammadiyah Solo mengimbau masyarakat agar menyembelih hewan kurban dalam momen Idul Adha kali ini hanya di rumah pemotongan hewan (RPH) untuk mencegah kerumunan yang memicu penularan COVID-19.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Solo, Subari, mengatakan bahwa PPKM Darurat menyebabkan organisasinya menyarankan kepada kadernya untuk menyembelih hewan kurban di RPH. “Pemotongan hewan kurban anjurannya Muhammadiyah, ya, dipotong di RPH,” katanya, Senin, 19 Juli 2021.

Seandainya masyarakat tetap ingin menyembelih hewan kurban di tempat selain RPH, misalnya di halaman masjid setempat, Subari mewanti-wanti agar disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 seperti mengenakan masker dan tidak berkerumun.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Untuk menghindari kerumunan, ia mengimbau agar penyembelihan hewan kurban dibagi tidak hanya bertepatan dengan hari Idul Adha, Selasa, tapi juga bisa dilakukan pada hari berikutnya. Penyembelihan dapat secara bertahap agar tidak berbarengan semuanya pada 10 Zulhijah.

Menurut dia, pengurus Muhammadiyah juga sudah menyampaikan tata cara pemotongan hewan kurban pada saat pandemi untuk menghindari kerumuman orang. Tata cara itu telah disampaikan kepada para pengurus hingga tingkat ranting melalui media sosial.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

“Kayak harus pakai masker dan sebagainya. Memang mudah menimbulkan virus ketika ada pemotongan hewan kan jagal-jagal biasanya tidak mau pakai masker karena dianggap mengganggu pernapasan,” ujarnya.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir

Muhammadiyah: Prabowo Harus Menyerap Aspirasi Anies, Cak Imin, Ganjar, dan Mahfud

Ketua Umum Muhammadiyah mengingatkan Prabowo harus menyerap aspirasi dari Anies, Cak Imin, Ganjar, dan Mahfud sebagai pertanggungjawaban politik dan konstitusi.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024