Demi Capai Herd Immunity, Ribuan Warga Semarang Digempur Vaksinasi

Vaksinasi door to door dilakukan Badan Intelijen Negara (BIN)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan meninjau acara vaksinasi untuk pelajar di SMP N 1 Kota Semarang dan vaksinasi kepada masyarakat secara door to door di kelurahan Tambak Rejo, Kecamatan Gayem Sari, Semarang. Selain itu, Budi Gunawan juga memberikan sembako kepada warga Semarang, Jawa Tengah. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan mengatakan, program vaksinasi pelajar merupakan arahan Presiden Joko Widodo. Vaksinasi sendiri bisa menyelamatkan diri sendiri dan keluarga. Adapun jumlah dosis vaksin untuk di Jawa Tengah berjumlah 3.000 serta paket sembako untuk warga sebanyak 3.000 yang Terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Selain bisa menyelamatkan diri sendiri, vaksinasi juga bisa menyelamatkan orang lain,” tutur Budi Gunawan di Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 21 Juli 2021.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Lebih lanjut, Budi Gunawan menjelaskan, dengan vaksinasi COVID-19 seseorang bisa mencapai herd immunity. Dan program vaksinasi ini merupakan akselarasi atau capaian program vaksinasi 3 juta dosis per hari dari Pemerintah.

“Dengan target, kami mencapai herd immunity pada akhir tahun 2021 sebesar 70 persen,” ungkapnya.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Budi Gunawan menambahkan, Semarang dipilih sebagai tempat terlaksananya program vaksinasi ini karena Semarang merupakan bagian dari Epicentrum, selain itu tingkat vaksinasi pun cukup rendah.

“Seperti yang diketahui, Jawa Tengah merupakan salah satu daerah dengan data positif tertinggi ketiga nasional, setelah DKI Jakarta dan Jawa Barat,” jelasnya.

Budi Gunawan juga meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan agar penularan COVID-19 di tanah air bisa ditekan. Serta berharap dukungan seluruh masyarakat terkait vaksinasi COVID-19.

"Kami sangat berharap untuk dukungan dari seluruh masyarakat agar upaya ikhtiar dari pemerintah ini segera bisa mewujudkan Heard Immunity Indonesia atau tingkat kekebalan Indonesia mencapai 70 persen sebagaimana syarat dari WHO," tambahnya.

Tidak hanya itu, Budi Gunawan juga memberikan sebanyak 3.000 bantuan sembako kepada warga Semarang, yang diharapkan bisa bermanfaat di masa sekarang. Karena di masa PPKM Darurat ini banyak masyarakat yang terhambat dalam mencari nafkah.

“Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi warga dan keluarga,” ujarnya.

Terpisah, salah satu warga RT01 RW08 Kelurahan Tambak Rejo, Pujiati mengaku sangat senang dengan kunjungan dan program vaksinasi kali ini.

“Saya ucapkan terima kasih sudah dibantu untuk vaksinasi gratis, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya. Kemudian, juga lebih lebih mudah tidak mengantre, serta dapat bantuan sembako juga,” ujarnya.

Senada, salah satu warga penerima bantuan sembako di RW 13 Kampung Tambak Lorok Semarang, Nurkhasanah mengatakan, bantuan yang diberikan sangatlah bermanfaat bagi dirinya dan keluarga.

“Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Sangatlah membantu bagi saya dan warga lain di wilayah kami,” katanya.

Baca juga: Kepala BIN ke Pelajar: Vaksin Menyelamatkan Diri Sendiri dan Keluarga

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya