Jemaah Tarekat Sattariyah Rayakan Idul Adha Hari ini

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Melaksanakan Salat Id.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah

VIVA – Jemaah Tarekat Sattariyah yang berbasis di Sumatera Barat baru merayakan hari raya Idul Adha 1442 Hijriah hari ini, Kamis, 22 Juli 2021. Seperti muslim pada umumnya, setelah salat Idul Adha, mereka menyembelih hewan kurban.

Konsumsi BBM Pertamina Meningkat 42 Persen di Sumut saat Mudik Lebaran 2024

Di Sumatra Barat, jemaah Tarekat Syattariyah selalu merayakan Idul Adha dua hari lebih lama dibandingkan ketetapan Pemerintah. Penentuan atau penetapan dilakukan jemaah Tarekat Syattariyah berdasarkan pada bilangan takwim khamsiah, yang telah diajarkan secara turun-temurun dari ulama terdahulu.

“Hari ini salat Idul Adha. Lalu, dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban," kata Gustina (29 tahun), seorang anggota jemaah Syattariyah dari Malalak Barat, Kabupaten Agam.

Polda Banten Minta Maaf ke Pemudik

Penentuan Idul Adha dari tahun ke tahun Tarekat Sattariyah, katanya, memang berbeda dengan mayoritas Muslim di Indonesia. Penentuan 10 Dzulhijah sudah bisa dilakukan berdasarkan penentuan 1 Ramadan dan 1 Syawal 1442 Hijriah sehingga pada tahun ini Idul Adha ditetapkan pada pada 22 Juli.

“Perbedaan ini tidak hanya kerap terjadi pada perayaan Idul Adha, namun juga saat penentuan awal Ramadhan. Kami sekeluarga, mengikuti ajaran Tarekat Syattariyah, walau memulai puasa Ramadan dan Idul Adha berbeda dengan masyarakat pada umumnya, tujuannya tetap sama,” ujarnya.

Top Trending: Sopir Bis Bawa Penumpang Makan di Rumah Mertua hingga Ramalan Jayabaya
Sekda Kabupaten Tangerang Maesal Rasyid lakukan sidak

Puluhan ASN di Tangerang Terapkan WFH Usai Terjebak Macet Arus Balik Lebaran

Sejumlah ASN di lingkungan Pemkot Tangerang dan Pemkab Tangerang, mengkonfirmasi untuk work from home atau WFH, lantaran masih terjebak macet dalam arus balik Lebaran ini

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024