Innalillahi, Rektor IIQ Jakarta Prof Huzaemah Meninggal Dunia

Rektor Institute Ilmu al-Quran (IIQ) Jakarta, Prof Huzaemah Tahido Yanggo.
Sumber :
  • Facebook IIQ Jakarta.

VIVA – Rektor Institute Ilmu al-Quran (IIQ) Jakarta, Prof Huzaemah Tahido Yanggo meninggal dunia karena COVID-19 pada hari ini, 23 Juli 2021. Berdasarkan informasi Prof Huzaemah meninggal pukul 06.10 WIB di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Kabar duka itu disampaikan langsung oleh Tokoh Muda Nahdlatul Ulama (NU), Nadirsyah Hosen atau Gus Nadir melalui akun Twitternya @na_dirs. 

"Kabar duka: Prof. Dr Hj Huzaemah Tahido Yanggo wafat dalam usia 74 tahun karena COVID," tulis Gus Nadir.

Jokowi Datang Melayat ke Mooryati Soedibyo, Ikut Salat Jenazah

Ia menjabarkan, bahwa sosok almarhumah merupakan sosok perempuan yang ahli dalam bidang fikih dan merupakan wanita yang pertama mendapatkan gelar doctor di kampus terkenal Universitas Al- Azhar Cairo.

"Rektor IIQ Jakarta dan pakar fikih perbandingan mazhab, perempuan Indonesia pertama yang mendapat gelar doctor dari Universitas Al-Azhar Cairo," katanya.

Kenang Sosok Mooryati Soedibyo, Nadia Mulya: Kartini Modern

Prof Huzaemah juga merupakan guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Huzaemah juga dosen di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Indonesia (UI).  

Huzaemah juga aktif menjadi anggota MUI, ia menjadi anggota Komisi Fatwa MUI sejak tahun 1987 dan anggota Dewan Syariah Nasional MUI sejak 1997 dan 2000. 

Kemudian, Huzaemah juga pernah menjabat sebagai ketua bidang Fatwa Majelis Ulama Indonesia. Pada 2020, ia diangkat menjadi Ketua MUI Pusat Bidang Pengajian dan Pengembangan Sosial. Huzaemah juga pernah menjadi anggota dewan pengawas syariah di Bank Niaga Syariah pada 2020. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya