Saat Anak-anak Tanya ke Jokowi: Kalau Jadi Presiden Ngapain Saja?

Presiden Jokowi Dialog Daring dengan Anak-anak SD
Sumber :
  • Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo mengikuti peringatan Hari Anak Nasional secara virtual, pada Jumat 23 Juli 2021. Kepala Negara juga berdialog dengan sejumlah anak SDN Sudimara, Cilongkok, Banyumas Jawa Tengah.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Pada kesempatan itu, Jokowi menitipkan pesan kepada anak-anak. Selain belajar dan terus berbahagia, tak lupa juga memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Jangan lupa juga berdoa pada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa untuk memohon perlindungan bagi kita semua, bagi bangsa Indonesia. Selamat Hari Anak Nasional untuk semua anak-anakku di Indonesia," kata Jokowi, saat ikut peringatan Hari Anak Nasional secara virtual yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Jumat 23 Juli 2021.

Viral Sosok Wanita Tersubur di Dunia, Lahirkan 44 Orang Anak Tanpa Suami yang Menafkahi

Pada kesempatan itu, Presiden juga menyampaikan niat pemerintah yang awalnya ingin membuka kegiatan belajar mengajar tatap muka, bulan Juli ini. Namun niat itu batal, karena masih menunggu situasi semakin baik dari pandemi COVID-19.

Jokowi juga memahami, anak-anak rindu bermain dan berkumpul bersama keluarga serta teman sebayanya. Untuk itu, mantan Gubernur DKI itu meminta mereka bersabar. Dan tak lupa mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan pakai sabun. Dan kalau bisa saling mengingatkan kepada teman-temannya.  

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

"Anak-anakku semua adalah masa depan Indonesia. Tetaplah semangat belajar dan bermain di rumah untuk sementara waktu dan teruslah bergembira," kata Kepala Negara.

Pada kesempatan itu, Jokowi pun membuka dialog dengan anak-anak yang hadir secara daring. Awalnya Presiden menanyakan perihal kabar mereka. Kemudian, selama berdialog berlangsung, ada seorang anak bertanya.

"Kalau jadi Presiden ngapain saja?," tanya salah seorang anak.

"Iya, Pak, ngapain saja," sahut anak yang lain.

Mendengar pertanyaan itu, sontak Presiden Jokowi tertawa kecil. Jokowi lantas menjabarkan tugasnya sebagai orang nomor satu di republik ini. Sebagai seorang Kepala Negara sekaligus Kepala Pemerintahan, tugas seorang Presiden adalah memimpin rapat dengan para menterinya.

"Kemudian pergi ke Aceh sampai ke Papua untuk ngecek itu. Ngecek jalan bagus ndak, ngecek waduk-waduk, ngecek pelabuhan, ngecek airport, gitu," kata Jokowi.

"Anak-anak yang paling penting belajar semuanya, belajar semuanya. Jangan lupa ini selalu pakai masker, ya," kata Jokowi sambil mencontohkan pemakaian masker kepada anak - anak.  

"Iya, pak," jawab anak-anak tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya