Catat Rekor Muri, 679 Komunitas Tebar Hewan Kurban di Puluhan Daerah

Bapak Komunitas Indonesia Suharto.
Sumber :
  • istimewa.

VIVA – Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) meraih rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), pada perayaan Idul Adha 1442 Hijriah tahun ini. Ratusan kominitas yang tergabung dalam KITA, menebar belasan Ratusan hewan kurban di puluhan kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. 

For Revenge Bawa Gebrakan Musik di Panggung DCDC Ngabuburit Extra 2024

Gabungan berbagai komunitas di Indonesia Timur ini menggelar program #KITAberbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli untuk Sesama’. Kegiatan ini melibatkan 679 komunitas dengan lebih dari 14 ribu anggota di 82 kabupaten/kota.

Komunitas yang berasal dari berbagai hobi, profesi, dan pekerjaan ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak, yang tersebar di 82 kabupaten/kota.

Bersatu Lawan TBC Menuju Masyarakat Sehat dan Produktif

Baca juga: Intip Konsep Baru Sistem Penempatan Pekerja Migran RI di Malaysia

Namun, dalam pelaksanaannya nanti, masing-masing komunitas hanya diwakili beberapa anggotanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Content Creator, Artis hingga Perusahaan Media Raup Cuan dari YouTube Shorts

Bapak Komunitas Indonesia Suharto mengatakan, program yang melibatkan berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders, dan Heppiii Community ini merupakan bentuk komitmen untuk mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama.

"Di tengah situasi yang sulit akibat ledakan virus COVID-19 saat ini, kami sangat bersyukur dengan kegiatan yang bisa merangkul ratusan komunitas Indonesia Timur. Kami berterima kasih kepada kawan-kawan komunitas beserta ribuan anggotanya yang memungkinkan kegiatan keren ini bisa berjalan lancar," kata Suharto dalam keterangannya, dikutip Sabtu, 24 Juli 2021.

Kegiatan tebar hewan kurban oleh Kolaborasi KITA ini merupakan tahun kedua. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Lebih dari 5 ribu paket daging kurban berhasil dibagikan ke masyarakat di 42 kota.

"Tahun ini antusiasme komunitas untuk ikut program Kolaborasi KITA 2021 sangat besar. Ini sesuatu yang luar biasa di tengah kondisi pandemi yang membuat ekonomi kita sulit. Kami salut sekali," ungkap Suharto.

Bagi Kolaborasi KITA, ini adalah penghargaan ketiga dari MURI. Sebelumnya, Rekor MURI pertama adalah Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak. Sedangkan Rekor MURI kedua, merupakan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020.

"Pencapaian rekor MURI ini adalah bonus bagi kegiatan teman-teman Komunitas Indonesia Timur Area yang luar biasa ini. Semoga ke depan kegiatan Kolaborasi KITA akan terus berjalan dan semakin memberikan manfaat bagi Indonesia. Terima kasih," tambah Edward Rustanto, mewakili Komunitas Indonesia Timur Area (KITA).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya