12 Ton Oksigen Disebar ke Rumah Sakit di Yogyakarta

Penyerahan bantuan oksigen ke rumah sakit di Yogyakarta
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – PT. Wilmar, group perusahaan sawit terkemuka di Indonesia melalui program Wilmar Peduli, mendistribusikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa 12 ton oksigen cair melalui Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Bantuan oksigen tersebut langsung diterima Wakapolda DIY Brigjen R Slamet Santoso dan disaksikan para Pejabat Utama (PJU) DIY dan Kepala Dinas Kesehatan Propinsi DIY drg. Pembajun Setyaningastutie, M.Kes. Saat itu juga belasan ton oksigen cair itu langsung didistribusikan ke masyarakat.  

Wakapolda DIY Brigjen R Slamet Santoso mengatakan, Polda DIY telah menjalankan instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menggelar apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial.

DPR Kritisi Kenaikan Kasus DBD, Banyak Warga Tak Dapat RS

”Polda DIY telah menindaklanjuti instruksi tersebut dengan melihat kebutuhan mendesak di DIY terkait terbatasnya stok oksigen di rumah sakit. Untuk itu Polda DIY bekerja sama dengan PT Wilmar Nabati Indonesia mencoba memenuhi ketersediaan oksigen di DIY," kata Slamet Santoso melalui keterangan tertulisnya, Sabtu, 24 Juli 2021.

Slamet mengatakan, apa yang dilakukan Polda DIY selama ini merupakan bentuk Polri yang Presisi, yaitu pertama Prediktif adalah memiliki penilaian bahwa pandemi berlangsung cukup lama akan membutuhkan ketersediaan sarana dan prasarana kesehatan.

4 Meninggal, Penderita DBD di Brebes Capai 446 Orang Selama Kurang dari 3 Bulan

"Apalagi semakin meningkatkan masyarakat yang terpapar dan harus di rawat di rumah sakit. Kebutuhan oksigen perlu diantisipasi,“ ujarnya. 

Kedua adalah responsibilitas Polri dalam menghadapi pandemi COVID-19 dan terbatasnya kebutuhan oksigen di DIY perlu langkah cepat untuk menggandeng perusahaan dalam bentuk CSR untuk membantu memenuhi ketersediaan oksigen.

”Terakhir adalah transparansi berkeadilan. Polda DIY akan menindak tegas pihak-pihak yang melakukan penimbunan dan menghalangi ketersediaan sarana-prasarana untuk penanganan COVID-19,“ ungkapnya. 

Direksi PT Wilmar Nabati Indonesia Hartono dalam sambutannya menyampaikan melalui program Wilmar Peduli, perusahaan itu terpanggil untuk memerangi COVID-19 dan turut dalam program kemanusiaan yang dalam pendistribusiannya melalui Polri dan TNI.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto, menambahkan dari awal Pandemi, Polda DIY sudah melakukan berbagai macam upaya. Hal ini akan tidak ada artinya tanpa kerja sama dan saling dukung semua elemen masyarakat. ”Kami mengajak agar seluruh masyarakat disiplin terhadap Prokes, 5M dan 3 T," katanya.

Sementara Kadis Kesehatan Provinsi DIY drg. Pembajun Setyaningastutie menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polda DIY dan PT Wilmar Nabati Indonesia atas bantuan oksigen kepada 5 rumah sakit di DIY. 

”Karena saat ini kami ada keterbatasan kesediaan oksigen. Setiap hari kebutuhan oksigen di seluruh rumah sakit yang menangani COVID-19 di DIY sebanyak 49 ton, dan setiap hari kami belum bisa memenuhi secara maksimal, sehingga bantuan oksigen ini sangat berarti bagi kami dan semoga bermanfaat masyarakat Yogyakarta," ujarnya.

Untuk diketahui, 12 ton oksigen cair didistribusikan ke-5 (lima) rumah sakit di Yogyakarta yakni RS. Bethesda (2,5 ton), RS Panti Rapih (2,5 ton), RS. PKU Muhammadiyah YKA (2,5 ton), RS PKU Muhammadiyah Gamping (2 ton) dan RS. Bhayangkara (2,5 ton).

Baca juga: Rumah Oksigen Gotong Royong Komitmen Pengusaha Bantu Tangani COVID-19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya