Polisi Pastikan Video Demo Rusuh pada Sabtu adalah Hoaks

Divisi Humas Polri menyematkan label 'Hoaks' terhadap video bernarasi demonstrasi yang dikabarkan berakhir rusuh atau anarkistis pada Sabtu, 24 Juli 2021.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Kepolisian Republik Indonesia memastikan bahwa video dengan narasi demonstrasi serentak yang berlangsung Sabtu, 24 Juli 2021, berujung rusuh, sebagai kabar bohong atau hoaks.

Habib Rizieq Siap Pasang Badan Lindungi Aksi Mahasiswa dari Preman: Dipikir Kita Takut Kali

"Itu video hoaks," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono di Jakarta.

Argo menjelaskan, fakta sebenarnya video demonstrasi berakhir rusuh yang beredar di media sosial merupakan peristiwa demonstrasi menolak omnibus law Cipta Kerja di Jakarta pada 8 Oktober 2020.

Diduga Sebar Hoax, Pemilik Akun Connie Rakundini Dilaporkan ke Polrestabes Surabaya

Argo mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan informasi palsu yang dibuat oleh oknum tak bertanggung jawab.

Menurut Argo, sampai saat ini, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat berjalan aman, damai dan kondusif. Ia juga memastikan tidak ada demonstrasi yang berlangsung kemarin, termasuk di Jakarta.

Dua Kubu Massa yang Menolak dan Mendukung Pemilu 2024, Sama-sama Gelar Aksi di KPU

Selain itu, Polri juga telah menyematkan label hoaks terhadap video yang beredar di media sosial melalui akun Instagram @divisihumaspolri.

Video yang beredar di media sosial berisi narasi bahwa demonstrasi pada 24 Juli 2021 berlangsung secara anarkistis. (ant)

Ilustrasi logo Mahkamah Konstitusi.

Kabulkan Gugatan Haris Azhar Cs, MK Hapus Pasal Sebar Hoax Bikin Onar

MK mengabulkan sebagian gugatan yang dilayangkan Haris Azhar, Fatia Maulidiyanti dan kawan-kawan. Menghapus ketentuan pasal sebar hoax memicu keonaran

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024