Ganjar Beli ISO Tank dari Singapura untuk Kebutuhan Oksigen Medis

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat rapat koordinasi secara virtual Rembug Desa dengan Bupati dan para kepala se-Kabupaten Banyumas, Senin, 26 Juli 2021.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan menyiagakan ISO Tank di Kabupaten Banyumas setelah Bupati Achmad Husein melaporkan stok oksigen di wilayahnya yang mulai kekurangan.

Kata Pj Gubernur soal Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ditahan Jaksa Karena Korupsi COVID-19

Achmad Husein melaporkan kepada Ganjar bahwa rumah sakit-rumah sakit di Banyumas tidak punya cadangan oksigen medis yang cukup banyak, sekurang-kurangnya cadangan untuk dua hari. Semuanya cadangan oksigen medis, katanya, hanya untuk sehari, dan itu selalu habis setiap hari.

“Ndak pernah ada rumah sakit yang punya cadangan sampai lebih dari dua hari, semuanya satu hari habis, harus mencari terus," katanya saat rapat koordinasi secara virtual Rembug Desa antara Ganjar Pranowo dengan para kepala desa di Kabupaten Banyumas beserta Bupati dan Satgas COVID-19, Senin, 26 Juli 2021.

Operasi Pekat Ramadan, Polres Kendal Razia 4 Pasangan Bukan Suami Istri yang Sedang Ngamar

Meski kondisi sampai hari ini lebih landai dari beberapa waku lalu, menurut Achmad, soal pasokan oksigen medsi mesti jadi perhatian bersama.

Ganjar Pranowo mengaku telah mengantisipasi hal itu dengan membeli ISO tank dari luar negeri. "Saya lagi membeli ISO tank dari Singapura, mudah-mudahan nanti segera datang. Kalau ini segera datang kita akan isi. Beberapa kita akan standby-kan di Banyumas agar kemudian bisa meng-cover wilayah sana.”

Cek Banjir di Semarang, Kepala BNPB: Tinggal Satu Titik Lagi

Ganjar juga menegaskan persoalan oksigen kini memang sedang kekurangan. Alternatif solusinya adalah mengganti dengan oksigen konsentrator.

Dia telah menyarankan sejumlah rumah sakit untuk oksigen generator agar tidak lagi bergantung pada oksigen cari. Berdasarkan penelusurannya di provinsi lain, kendalanya juga sama terutama keterbatasan ISO tank. “Maka saya lagi beli ISO tank ini, dan cari tempat lain agar bisa membantu," ujarnya.

Teguh Joko Sutrisno/Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya