Stok Vaksin COVID-19 di Aceh Menipis, Tiga Hari Lagi Habis

Ilustrasi pemberian vaksinasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA – Stok vaksin yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Aceh, saat ini sudah mulai menipis. Kini tersisa 1.900 dosis yang disimpan di gudang. 

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Dengan jumlah stok sebanyak itu, dipastikan hanya akan bisa digunakan untuk vaksinasi selama tiga hari ke depan. Jika tidak ada penambahan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Aceh dr. Iman Murahman mengatakan, pihaknya telah menyurati pemerintah pusat untuk mengajukan penambahan vaksin COVID-19.

Sosok Helena Lim, ‘Crazy Rich’ PIK Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah

Hanya saja, dari distribusi terakhir, pihaknya mengajukan 100 ribu dosis. Namun yang sampai ke Aceh hanya 37 ribu dosis.

Sementara vaksinasi harian di seluruh Aceh mencapai 12 ribu – 15 ribu dosis. Ia memperkirakan dari 37 ribu dosis vaksin yang terakhir tiba, akan habis dalam 2 sampai 3 hari ke depan.

Sering Dialami Anak-Anak dan Mudah Menular, Apa yang Perlu Dilakukan Untuk Cegah Gondongan?

“Kita sudah mengajukan penambahan. Yang terakhir itu kita ajukan 100 ribu, tapi yang sampai 37 ribu dosis sementara vaksinasi harian kita bisa mencapai 15 ribu. Jadi kalau stoknya itu bisa bertahan 2 atau 3 hari lagi,” katanya saat dikonfirmasi, Senin, 26 Juli 2021.

Untuk saat ini stok vaksin COVID-19 yang dimiliki oleh Pemerintah Aceh, tinggal 1.900 dosis yang masih tersimpan di gudang. “Kalau punya provinsi tinggal 1.900 dosis itu yang ada di gudangnya. Tapi ini sudah menipis lah,” ucapnya.

Kata dia, dari sejumlah vaksinator di seluruh Aceh juga sudah menyampaikan kepada pihaknya soal stok vaksin. Jika tidak ada penambahan dari pemerintah pusat, dalam waktu dekat dipastikan vaksinasi di Aceh akan terhenti.

“Kawan-kawan juga sudah menanyakan kembali, apakah ada (vaksin) yang akan datang soalnya beberapa hari ke depan stoknya akan habis,” ujarnya.

Diketahui total sasaran vaksinasi COVID-19 di Aceh mencapai 4.028.891 orang. Progres per 24 Juli 2021, vaksinasi dosis I telah diterima oleh 635.139 orang dari semua kelompok sasaran, atau 16,65 persen. Sedangkan vaksinasi dosis II telah diterima sebanyak 227.288 orang dari semua kelompok sasaran atau sekitar 6,41 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya