Risma Serukan Gotong Royong Bantu Beri Makanan ke Pasien Isoman

Mensos Risma saat mengecek dapur umum.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Menteri Sosial, Tri Rismaharini, meluangkan waktunya untuk menengok kegiatan dapur umum yang dilaksanakan DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta. Ia ingin melihat ketersediaan logistik bagi masyarakat. 

35 Ribu Orang Terdampak Banjir di Bungo Jambi, Bupati Mashuri Siapkan Dapur Umum

Risma berpesan untuk seluruh elemen masyarakat, warga Indonesia, saling bahu membahu terutama menyediakan logistik bagi masyarakat. Terlebih bagi masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah.

Menurut dia, masyarakat yang melaksanakan isoman sangat membutuhkan asupan gizi baik, apalagi saat ini tengah diberlakukan pengetatan atau PPKM level 4 dibeberapa tempat.

Analisis Komunikasi Politik dalam Rencana Pertemuan Prabowo dengan Megawati

“Jadi kalau menurut saya ini sangat penting. Kalau kita memberikan makanan ini maka sebetulnya yang paling utama adalah mereka tidak menulari orang lain. Kalau kita memberikan ini, jadi bukan hanya memberikan sekedar makanan dan terus kenyang, terus dia sehat. Tapi mereka sadar, kemudian melakukan isolasi,” kata Risma, sapaan akrabnya, dalam keterangan tertulis, Senin 26 Juli 2021.

"Bayangkan dia mau melakukan isoman, dia tidak beli keluar, sehingga dia tidak menulari orang lain. Itu yang paling penting menurut saya,” sambungnya.

Dave Laksono Sebut Dapur Umum Kosgoro 1957 Bagikan 25 Ribu Nasi Box Selama Ramadhan

Sementara itu, Risma apresiasi semangat para relawan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP, organ sayap partai, yang selalu sigap turun, ketika masyarakat membutuhkan bantuan.

Dalam kesempatan itu, seperti biasa, kebiasaan Risma langsung mengecek satu per satu makanan yang disiapkan. Mantan Wali Kota Surabaya itu memantau para relawan yang sedang sibuk memasak dan memasukkannya ke dalam satu kotak makanan.

Tidak hanya itu, Risma juga memastikannya sampai makanan ke tangan pengemudi ojek online yang menunggu di depan posko. Sekadar diketahui, selama sepakan sudah berjalan, dapur umum beserta paket makanan ini, partai berlogo banteng turut melibatkan pengemudi ojek online.

“Saya tahu ini capek karena saya berpengalaman buat dapur umum ini sangat capek sekali, tapi kita harus ingat bahwa saudara-saudara kita memang masih banyak yang membutuhkan bantuan dan pertolongan kita. Obatnya capeknya itu saat mereka senang mendapatkan makanan ini,” kata Risma.

Di kesempatan yang sama, Ketua DPC PDIP Jakarta Timur, Dwi Rio Sambodo, mengatakan setiap hari pihaknya menyiapkan 200-400 paket makanan kepada masyarakat yang sedang menjalani isoman. Kegiatan ini pun disebut serempak di seluruh kantor anak cabang di Ibu Kota.

Dan sudah beberapa hari jalan, masyarakat sangat mudah untuk memesannya melalui scan barcode dan menghubungi kontak yang sudah tertera di laman media sosial resmi partai.

"Jumlahnya tergantung pada pengajuan dari masyarakat (scan barcode dan hubungi tiap DPC), tergantung jumlah yang sedang isoman,” kata Rio.

Ia juga mengaku bangga poskonya dikunjungi Risma. Yang menjadi penekanan pelaksanaan dapur umum ini adalah paket makanan yang didistribusikan harus higenis dan dipikirkan nilai gizinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya