Pikap dan Sopir Terjun ke Bawah Tebing 30 Meter dengan Mengerikan

Tim SAR Bone evakuasi jenazah sopir pikap
Sumber :
  • VIVA/Irfan

VIVA – Sebuah mobil pikap yang mengangkut pakan ternak mengalami kecelakaan di Desa Salu Merunge, Kecamatan Ulaweng, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Senin malam, 26 Juli 2021.

Tukang Ojek dan Supir Angkut Umum Dianiaya Orang Tak Dikenal di Paniai Papua Tengah

Mobil dengan dua orang penumpang itu keluar jalur dan terjun ke jurang dan masuk ke sungai. Sang sopir, Sarin (40) tewas di lokasi kejadian sedangkan Kamaruddin (40) yang merupakan kondekturnya dalam keadaan selamat.

Menerima infomasi itu, tim Basarnas Sulsel langsung menggerakkan tim rescue yang berada di Pos SAR Bone untuk membantu melakukan evakuasi terhadap korban.

Abu Vulkanik Gunung Ruang Ganggu Penerbangan, Penutupan Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

"Kami menerima informasi adanya kecelakaan tehadap mobil pengangkut pakan ayam di wilayah Bone yang jatuh ke jurang. Tim Rescue Pos SAR Bone langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan evakuasi,” kata Kepala Kantor Basarnas Sulsel, Djunaidi, Selasa pagi, 27 Juli 2021.

Dia menyampaikan, proses evakuasi berlangsung cukup lama karena medan yang cukup berat. Tim gabungan harus membawa korban yang sudah dalam keadaan meninggal dunia dari bawah sungai dengan kondisi tebing setinggi 30 meter ke atas.

Kondisi Mengenaskan 5 Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jakarta Selatan

"Proses evakuasi cukup sulit karena tim harus melakukan evakuasi dari bawah tebing sekitar 30 meter menggunakan tandu dengan sistem lifting diderek ke atas,” kata Djunaidi.

Jenazah Sarin berhasil dievakuasi dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Tenriwaru Bone untuk menunggu diserahkan ke pihak keluarga.

"Kita berterima kasih kepada seluruh unsur yang telah membantu sehingga proses evakuasi korban bisa berjalan lancar" tutur Djunaidi.

Dia mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas dengan kendaraan untuk selalu waspada dan mengecek berkala kondisi kendaraan sebelum dipakai agar bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan.

Sementara itu, menurut kesaksian Kamaruddin, saat mobil menanjak dan berusaha berpindah dari gigi 2 ke gigi 1, sempat terdengar ada suara patah. Sehingga mobil dengan beban muatan cukup berat mundur ke belakang. Saat Kamaruddin mencoba turun untuk mengganjal mobil namun sayanganya kendaraan itu sudah lebih dulu terjun ke jurang menuju dasar sungai. Mobil terjun bersama sopir yang masih berada di dalamnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya