Megawati Instruksikan Tambah Ambulans dan Turun Bantu Kemanusiaan

Presiden Kelima RI dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, menginstruksikan jajarannya untuk menambah kekuatan kendaraan operasional. Dalam rangka memperkuat gerakan kemanusian partai, di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan

Dalam struktural PDIP, ada Badan Penanggulangan Bencana (Baguna), yang bertugas khusus untuk bencana dan kemanusiaan, terjun ke tengah masyarakat yang membutuhkan saat pandemi COVID-19 sekarang.

Instruksi Megawati itu disampaikan dalam rapat DPP, Selasa ini 27 Juli 2021. Terdapat kendaraan berupa satu unit ambulans jenis Hiace, 1 unit mobil jenazah jenis Hiace, 7 unit ambulans berukuran mobil sedang, 2 unit mobil jenazah berukuran, dan 1 unit ambulans sepeda motor roda tiga.

MKMK Nyatakan Hakim Konstitusi Arief Hidayat Tak Langgar Etik meski Jabat Ketua PA GMNI

"Mobil ambulans dan mobil jenazah menjadi bagian gerak kemanusiaan kita, kita tambah kekuatannya sehingga gerak PDI Perjuangan semakin bermakna dan menyentuh rakyat," kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, saat peluncuran, Selasa 27 Juli 2021.

"Ini sangat penting apalagi di tengah pandemi COVID Kami berkomitmen terus berada di jalan kemanusiaan lewat kendaraan serbaguna ini," sambung Hasto.

Meutya Hafid: Jika Resolusi DK PBB Tidak Dipedulikan Israel, PBB Harus Segera Bertindak

Selain itu, Hasto menjelaskan juga ada 2 unit sepeda motor roda tiga pengangkut sampah, 1 unit sepeda motor roda tiga tangki air, 1 unit sepeda motor roda tiga box, dan 5 unit sepeda motor listrik.

Jelas Hasto, selain karena pandemi banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan cepat, partainya juga berkomitmen dengan gerakan politik hijau. Yakni bergerak dengan merawat dan melestarikan lingkungan.

Selain penambahan kendaraan operasional ini, kata Hasto bahwa Megawati juga menginginkan kader- kadernya untuk sesering mungkin turun dan membantu rakyat. Tujuannya, dengan sarana prasarana sudah siap, ketika suatu saat dibutuhkan maka kader dengan cepat datang membantu.

"Kami berkomitmen dengan lingkungan lewat kendaraan pengangkut sampah dan angkut air, sebagai komitmen kita terus bergerak menjaga sungai dan seluruh kehidupan agar tetap asri dengan gerak menanam pohon," papar Hasto.

Secara virtual dalam rapat tersebut, sebuah video ditampilkan untuk menunjukkan detail mengenai kendaraan serbaguna tersebut. Seluruh kendaraan terlihat diparkirkan dengan rapi di halaman kantor DPP PDIP.

Hasto menegaskan, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri memerintahkan, di tengah pandemi, partai harus memperkuat Baguna. Maka itulah pada 4 Agustus, akan dilakukan pelatihan kader partai untuk sadar bencana.

"Mengingat kita tinggal di ring of fire, kita kenal bencana basah dan kering, bencana akibat lingkungan, dan kebakaran hutan, juga global warming yang disebabkan ketidakpastian cuaca yang berdampak pada gagal panen," kata Hasto.

Turut hadir dalam acara pengurus inti partai seperti Komaruddin Watubun, Olly Dondokambey, Rudianto Tjen, Puan Maharani, Utut Adianto, Prananda Prabowo, Ahmad Basarah, Mindo Sianipar, Wiryanti Sukamdani, Nusyirwan Sudjono, Made Urip, Bambang Wuryanto, Rokhmin Dahuri, Sri Rahayu, Said Abdullah, dan Ribka Tjiptaning.

Hadir juga Eriko Sotarduga, Sadarestuwati, dan Djarot Saiful Hidayat. Kader dan pengurus daerah PDIP dari seluruh Indonesia turut mengikuti acara secara daring.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya