Hengky Kurniawan Kenal Pengusaha Penyuap Bupati Bandung Barat

Hengky Kurniawan
Sumber :
  • IG @hengkykurniawan

VIVA – Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengaku mengenal pemilik PT Jagat Dir Gantara (JDG) dan CV Sentral Sayuran Garden City Lembang (SSGCL), M Totoh Gunawan yang menjadi tersangka pemberi suap kepada Bupati nonaktif Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna.

Ditetapkan Tersangka Korupsi, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Pasrah

Namun, Hengky mengaku tak tahu soal pertemuan-pertemuan yang dilakukan Aa Umbara dan Totoh terkait pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi COVID-19 di Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat. 

"Kalau pertemuan saya nggak tahu, kalau dengan pak Toyoh saya kenal," kata Hengky usai diperiksa penyidik di kantor KPK, JL Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa, 27 Juli 2021.

KPK Cegah Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Usai jadi Tersangka Kasus Korupsi Potongan Insentif

Hengky hari ini diperiksa penyidik sebagai saksi kasus dugaan suap yang menjerat Aa Umbara sebagai tersangka.

Selain Totoh, Hengky mengaku mengenal sejumlah pihak lain yang terkait kasus ini, termasuk Andri Wibawa, anak Aa Umbara yang juga telah menyandang status tersangka.

Bupati Manggarai Dikecam gegara Tega Pecat Ratusan Nakes, Wakil Bupati Berdalih Tak Dilibatkan

"Saya kenal (Andri Wibawa). Banyak nama-nama tapi suka lupa yang mana-mana," ujarnya.

Dalam pemeriksaan hari ini, Hengky yang sebelumnya Wakil Bupati Bandung Barat mengaku dicecar penyidik mengenai pembagian tugas antara dirinya dengan Aa Umbara selaku Bupati.

Hengky yang merupakan mantan artis ini mengaku tak dilibatkan Aa Umbara dalam Satgas Penanganan COVID-19 di Bandung Barat.

"Hari ini dimintai keterangan, banyak ada pertanyaan saya lupa, terkait pembagian tugas selama di pemerintahan dengan pak Bupati (Aa Umbara), saya jawab normatif. Kemudian apakah terlibat dalam Satgas COVID-19 di Bandung Barat 2020, saya bilang saya tidak dilibatkan. Lebih ke pembagian tugas di pemerintahan," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya