5 Fakta Gempa Pacitan, Berlokasi Dekat Sumber Gempa Besar 1937

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Gempa bumi magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Selatan Jawa Timur, tepatnya di Kota Pacitan, pada Selasa, 27 Juli 2021 pukul 23.21 WIB. Sebelumnya, hasil info pendahuluan menunjukkan bahwa gempa Pacitan tersebut berkekuatan magnitudo 5,2.

Gunung Ruang Erupsi Tim SAR Susuri Pesisir Laut Kepulauan Sitaro Evakuasi Warga Tertinggal

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa tersebut dekat dengan sumber gempa besar yang terjadi pada 27 September 1937 silam.

Berikut ini VIVA rangkum fakta-fakta seputar gempa Pacitan yang terjadi tengah malam kemarin, Selasa, 27 Juli 2021.

Aktivitas Erupsi Gunung Ile Lewotolok Masih Tinggi, Menurut Badan Geologi

1. Lokasi gempa

Episenter gempa tektonik berkekuatan magnitudo 5,0 itu terletak pada koordinat 8,98 Lintang Selatan dan 111,43 Bujur Timur. Berdasarkan laporan BMKG, lokasi gempa berada di laut pada jarak 94 kilometer arah Selatan Kota Pacitan, Jawa Timur pada kedalaman 61 kilometer.

Gunung Karangetang Mengalami 10 Kali Gempa Embusan, Menurut PVMBG

2. Jenis dan mekanisme gempa

Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, jenis gempa yang terjadi merupakan gempa menengah yang disebabkan oleh adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber dari BMKG menunjukkan, gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault.

3. Dampak gempa

Dampak getaran dari guncangan gempa bumi dirasakan di daerah Pacitan pada skala III-IV MMI. Sementara itu, getaran juga terasa di Nganjuk, Karangkates, Blitar, Trenggalek, dan Tulungagung pada skala II MMI (getaran seperti truk berlalu).

Adapun di Kapanjen, Kendal, Madiun, dan Gunung Kidul, di mana gempa terasa pada skala II MMI (benda bergantung akan bergoyang akibat gempa). Hingga artikel ini ditulis, belum ada laporan dampak kerusakan akibat gempa Pacitan tadi malam. 

4. Potensi tsunami dan gempa susulan

BMKG menekankan bahwa gempa yang terjadi semalam tidak berpotensi menyebabkan tsunami. Selain itu, monitoring BMKG hingga pukul 23.50 WIB tadi malam belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

5. Berlokasi dekat sumber gempa besar 1937

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, mengatakan bahwa lokasi gempa berdekatan dengan sumber gempa besar yang dahulu pernah mengguncang Pulau Jawa.

“Lokasi sumber gempa Pacitan tadi malam sangat menarik karena berdekatan dengan sumber gempa besar yang merusak Pulau Jawa pada 27 September 1937,” ujar Daryono di Jakarta, Rabu, 28 Juli 2021.

Dalam katalog sejarah gempa Jawa, gempa yang terjadi pada tahun 1937 silam pernah menyebabkan sebanyak 2.200 rumah roboh dan sejumlah orang meninggal dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya