Anggota DPR Bisa Isoman di Hotel, Farah: Jangan Nambah Beban Negara

Anggota DPR Komisi 1 Farah Puteri Nahlia
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Fasilitas hotel untuk anggota DPR melakukan isolasi mandiri karena terpapar covid-19 ternyata banyak yang menolak. Hal tersebut lantaran tidak sesuai dengan kondisi pandemi saat ini. 

Liburan di Dubai, Shandy Aulia Terdampak Badai Ekstrem

Sebelumnya, Sekjen DPR Indra Iskandar, mengatakan fasilitas isolasi mandiri tersebut atas kerja sama dengan sejumlah hotel yang ada di Jakarta. Anggota DPR yang dinyatakan positif COVID-19, baik itu bergejala ringan maupun tidak bergejala (orang tanpa gejala/OTG), diperbolehkan isolasi mandiri di hotel-hotel tersebut.

Anggota DPR RI komisi 1 dari Fraksi PAN Farah Puteri Nahlia menolak keras fasilitas itu. Farah malah menyarankan untuk menggunakan rumah dinas jika ada anggota dewan yang terpapar covid.

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

"Saya justru mendukung jika rumah dinas anggota DPR bisa dioptimalkan menjadi fasilitas isoman. Dengan ini kehadiran kita justru akan lebih berdampak nyata bagi masyarakat di tengah pandemi seperti saat ini," ujar Farah dalam keterangannya, Jumat 30 Juli 2021.

Farah yang masuk salah satu anggota DPR termuda ini menambahkan, selama pandemi, dia bahkan memberikan bantuan kepada masyarakat di dapilnya seperti fasilitas vaksinasi dan swab antigen gratis, bansos, dan kebutuhan nakes di rumah sakit secara berkala. 

Harap Tak Aji Mumpung, PHRI Batasi Kenaikan Harga Hotel di Yogyakarta

"Sehingga sangat tidak terpikirkan sedikitpun dan jauh dari benak saya untuk mendapatkan fasilitas dari pemerintah dalam jenis apapun itu," kata Farah.

Farah juga menilai jika anggota dewan atau ASN di lingkungan DPR terpapar covid menginginkan fasilitas diluar dari yang negara sediakan maka sudah sepatutnya jadi tanggungan masing-masing.

"Seharusnya kami bisa lebih peka menempatkan kaki di sepatu masyarakat dan ikut andil membantu, bukan malah menambah beban negara. Dewan Perwakilan Rakyat sudah selayaknya merakyat. Jadi jangan sampai keputusan yang dikeluarkan justru melukai perasaan mereka," ucap dia.

Farah menekankan, jika anggaran untuk fasilitas ini sebaiknya direalokasi untuk hal yang lebih krusial, sehingga dapat meringankan beban masyarakat seperti pengadaan ventilator, oksigen atau bahkan mendukung percepatan program vaksinasi hingga ke pelosok negeri agar kita bisa cepat mencapai herd immunity. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya