Pasien COVID-19 di RS Fatmawati Turun

Pasien COVID-19 di Halmahera. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • Irfan/VIVA.

VIVA - Pasien COVID-19 yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan, mengalami penurunan. Dalam 2 minggu terakhir, dari 19 Juli 2021, ada 365 pasien.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Dan hari ini tanggal 29 Juli yang kita rawat ada 270 pasien," kata Kasubag Humas RSUP Fatmawati, Atom Kadam, ketika dikonfirmasi, Jumat, 30 Juli 2021.

Atom mengatakan RSUP Fatmawati saat ini ada penambahan kapasitas tempat tidur yang di mana sebelumnya ada 350 dan saat ini mencapai 500. Meski demikian, keterisian tempat tidur pasien COVID-19 mencapai 69 persen.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Yang sekarang kapasitas ini ada 415, sehingga kalau dipersentasikan pasien kita ini kurang lebih 69 persen dari jumlah kapasitas tempat tidur kita," ujar Atom.

Baca juga: Kasus COVID-19 Nasional 29 Juli: Positif Tambah 43.479, Sembuh 45.494

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Penurunan angka pasien yang dirawat di RSUP Fatmawati khususnya pasien COVID-19 dengan gejala sedang, berat dan kritis ini diharapkan terus menurun seiring pemberlakuan PPKM level 4 yang tengah berlangsung sejak 25 Juli 2021.

“Kalau diliat dari angka penurunan 2 minggu terakhir, ini sangat berpengaruh dengan adanya PPKM level 4. Tapi kita juga tetap harus waspada karena jumlah ini masih lebih banyak dibandingkan fase pertama tahun 2020,” kata Atom.

Sementara untuk saat ini RSUP Fatmawati dikhususkan untuk pasien COVID-19 dengan gejala sedang, berat dan kritis
ada penurunan memang.

“Sampai saat ini kita masih khususkan untuk pasien pasien COVID terlebih dahulu, jadi igd kita saat ini sudah menjadi ruang salah satu ruang rawat juga, jadi igd masih menjadi ruang untuk pasien COVID saja. Dengan gejala sedang, berat dan kritis,” kata Atom.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya