Mau Ikut Upacara HUT RI ke-76 di Istana? Begini Cara Daftarnya

(Foto Ilustrasi) Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Istana Merdeka, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Istana Kepresidenan kembali mengundang masyarakat mengikuti upacara virtual di HUT RI ke-76, 17 Agustus 2021 mendatang. Ini kali kedua pihak Istana menggelar kegiatan serupa, seperti tahun lalu.

Proyek Istana Wapres di IKN Bakal Dilelang Ulang, Jokowi Minta Desainnya Direvisi

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, panitia menyediakan kuota sebanyak 40.000 bagi masyarakat yang ingin mengikuti upacara virtual pada peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan Indonesia di pagi hari dan upacara penurunan bendera pusaka, sore harinya.

"Hari ini resmi diluncurkan pendaftaran HUT RI ke 76. Mohon disosialisasikan kepada masyarakat, mulai hari ini bisa dapat bisa mendaftar untuk bisa mengikuti upacara pagi hari maupun sore hari," ujar Heru di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat 30 Juli 2021.

PUPR Buka-bukaan Progres Pembangunan di IKN Sambut Upacara HUT ke-79 RI

Baca Juga: Analisa Arcandra Soal Tesla Pilih Nikel dari Australia Ketimbang RI

Heru pun memberi hadiah bagi 200 pendaftar pertama. Bagi mereka yang mendaftar di urutan tersebut bakal mendapatkan hadiah berupa uang edisi khusus Rp75.000.

Viral Pangeran William Diisukan Masuk Islam, Bagaimana Respons Kerajaan Inggris?

“Bagi 200 peserta pendaftaran pertama akan diberikan hadiah. Jadi cepet-cepetan. Daftar hari ini, akan diberikan hadiah. Selamat mendaftar,” ujar Heru.

Adapun pendaftaran dapat dilakukan melalui laman pandang.istanapresiden.go.id. Masyarakat bisa mengisi form yang ada di situs tersebut dengan mengunggah KTP asli, SIM, Kartu Pelajar dan lainnya.

Di dalam form pendaftaran tersebut, masyarakat diminta mengisi dari mulai negara, provinsi, kabupaten/kota, nama lengkap, jenis kelamin, profesi, nomor whatsapp dan email yang masih aktif.

Di kesempatan yang sama, Deputi Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menyebut kegiatan upacara virtual Peringatan HUT Kemerdekaan RI sudah dilakukan sejak 2020 lalu. Tentu alasannya karena masa pandemi COVID-19 dan keinginan Istana melibatkan masyarakat melihat secara langsung upacara Hari Kemerdekaan secara daring.

"Tahun ini kita buka lagi lebih banyak lagi. Tentunya dengan acara-acara yang sangat meriah. Kalau tidak mendaftar, rugi sekali. Jangan sampai ketinggalan. Kami hanya membatasi 40 ribu pendaftar saja. Segera siapkan HP dan KTP serta foto yang diambil swafoto," kata Bey.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya