Pemerintah Bikin 'Rumah Digital' Rayakan HUT RI ke-76

Menteri Sekretaris Negara Pratikno
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat

VIVA – Pemerintah tetap menampilkan kemeriahan dalam memperingati Bulan Kemerdekaan pada HUT RI ke-76. Kali ini meski di tengah masa pandemi COVID-19, berbagai kegiatan tetap bisa dilakukan. Namun kali ini digelar secara virtual.

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Menteri Sekretaris Negara Pratikno, mengatakan pemerintah pun menyiapkan wadah berupa Rumah Digital Indonesia supaya masyarakat bisa tetap berpartisipasi di bulan yang selalu ramai dengan kegiatan dan lomba-lomba. Adapun kegiatan ini dimulai sejak 1 Agustus 2021.

"Rumah digital ini memberikan ruang partisipasi ke seluruh rakyat Indonesia untuk bergabung, untuk pamer desa wisatanya, untuk pamer kulinernya, untuk pamer bahkan menjual produk-produk lokalnya sehingga produk-produk lokal itu bisa menasional melalui rumah digital ini. Mungkin desa wisata yang tadinya hanya terkenal di tingkat kabupaten, kini saatnya nasional. Juga makanan lokal yang tadinya tidak terkenal menjadi terkenal juga," kata Pratikno dalam keterangan persnya secara virtual, Jumat 30 Juli 2021.

Rumah Digruduk Warga, Via Vallen Tetap Santai Update Sosmed Tentang Kehamilan

Baca Juga: Mau Ikut Upacara HUT RI ke-76 di Istana? Begini Cara Daftarnya

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kata Pratikno, untuk agenda rutin tetap berlangsung. Seperti doa kebangsaan dan acara kenegaraan lainnya. Yakni pengukuhan paskibraka, penganugerahan tanda kehormatan hingga pidato kenegaraan. 

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

Begitu juga di hari detik-detik peringatan proklamasi, digelar upacara kenaikan bendera, dan penuruan bendera pusaka di sore harinya.

"Kalau pandemi lebih sedikit gitu, protokol kesehatan jauh lebih ketat. Kita tak mengundang banyak secara fisik untuk ikut upacara," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan, Rumah Digital Indonesia merupakan adaptasi di tengah keterbatasan pertemuan fisik di tengah masa pandemi. Meski terbatas, kata Johnny, berbagai kegiatan tetap bisa dilaksanakan untuk memeriahkan hari Kemerdekaan RI.

"Jadi memungkinkan keterbatasan yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19 ini tidak menghalangi kita sebagai bangsa dalam penghayatan kita terhadap nilai-nilai nasionalisme, patriotisme kita," kata Johnny.

Sementara itu, Staf Khusus Presiden, Putri Indahsasri Tanjung, menyampaikan terdapat sejumlah kegiatan yang bisa dikunjungi masyarakat dalam Rumah Digital Indonesia.

Mulai dari perlombaan khas hari 17-an, hingga pertunjukkan seni dan budaya. Terdapat pasar lokal dan informasi berbagai kuliner dan wisata dari berbagai daerah.

Untuk informasi lanjutan, masyarakat bisa mengikuti lewat akun Instagram @ruangdigitalindonesia.id

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya