Bamsoet Akan Gunakan TikTok Sosialisasikan Empat Pilar MPR

Bambang Soesatyo dan Atta Halilintar
Sumber :
  • Bambang Soesatyo

VIVA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau yang akrab disapa Bamsoet, baru saja mendapatkan silver play button dari Youtube dalam program Creator Awards. Setelah lewat kanalnya, Bamsoet Channel, meraih lebih dari 100 ribu subscriber.

Bamsoet Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Parpol di Luar KIM Demi Indonesia Emas

Tercatat, ada 121.255 subscriber youtube Bamsoet yang ia mulai pada 11 Juni 2020 itu. Selama itu, sudah menayangkan 496 video dan telah ditonton 6.764.244 orang.

Lewat akunnya tersebut, Bamsoet sering kali membahas mengenai sosialisasi empat pilar MPR. Kini, ia sedang bersiap membuat akun TikTok untuk melakukan hal yang sama.

Selain Narkoba, Ini Deretan Kontroversi Selebgram Chandrika Chika

"Setelah melakukan sosialisasi Empat Pilar MPR RI melalui youtube, saya juga akan melakukan sosialisasi Empat Pilar MPR RI dengan menggunakan platform yang sedang trend dikalangan anak muda milenial yaitu TikTok, dengan akun Bamsoet channel. Melalui Instagram, Youtube dan TikTok, Sosialisasi Empat PIlar MPR RI bisa dibuat lebih segar, lebih milenial, dan lebih kekinian. Selain tidak perlu  mengumpulkan banyak orang di sebuah ruangan untuk memberikan edukasi tentang Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, karena bisa dilakukan dari manapun dan menjangkau siapapun," jelas Bamsoet saat bersama Atta Halilintar, di Studio Digital Black Stone, Jakarta, Jumat 30 Juli 2021.

Di akun youtube miliknya, terdapat 68,8 persen laki-laki dan 31,3 persen perempuan yang menonton. Rentang usia 25-34 tahun (35 persen), 18-24 tahun (25 persen), 35-44 tahun (20 persen), 55-64 tahun (5 persen). Sisanya berada dalam rentang usia 13-17 tahun. 

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama

"Sebanyak 93,6 persen penonton berasal dari Indonesia. Sebanyak 2,1 persen dari Malaysia, 0,8 persen dari Taiwan, 0,6 persen dari Hongkong, 0,4 persen dari Singapura, 0,4 persen dari Arab Saudi, 0,3 persen dari Amerika, dan 0,2 persen sisanya dari 40 negara lainnya," jelasnya.

Untuk diketahui, tidak hanya penghargaan berupa silver play button. Youtube juga memberikan penghargaan lain bagi para konten kreator, yakni gold play button bagi konten kreator yang memiliki 1 juta lebih subscriber. Diamond play button dengan 10 juta lebih subscriber, ruby diamond play button dengan 50 juta subscriber dan red diamond play button dengan 100 juta subscriber.

"Di Indonesia sudah banyak konten kreator yang mendapatkan penghargaan dari level silver hingga diamond. Salah satunya, Atta Halilintar yang menjadi youtuber pertama di Asia Tenggara yang mendapatkan diamond play button pada tahun 2019, lima tahun setelah bergabung di youtube pada tahun 2014. Tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat Atta Halilintar yang kini memiliki 27,7 juta subscriber bisa mendapatkan ruby diamond hingga red diamond play button dari youtube," jelasnya.

Berbagai video telah dihasilkan oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini. Antara lain Bamsoet daily, aktifitas pekerjaan dan keseharian Bamsoet, khususnya sebagai Ketua MPR RI dalam mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI.  Bamsoet Undercover, mengulik kehidupan keseharian masyarakat, dari mulai pekerjaan hingga kisah hidup mereka. Ngobras (Ngobrol Asyik), wawancara mendalam tentang kisah hidup dan pekerjaan seorang tokoh. 

"Ngompol (Ngomong Politik), berisi wawancara mendalam dengan para tokoh politik maupun masyarakat umum membahas kondisi politik Indonesia. Untold story, mengulas tentang hobi hingga cerita unik dan menggelitik yang dialami masyarakat. Giveaway, mengundang para musisi untuk bernyanyi bersama sambil membagikan hadiah handphone, hoodie, hingga sepeda kuning untuk para subscriber, sebagai bagian dari relaksasi pelepas penat. Dilanjutkan dengan Special Ramadhan, berisi tausiyah dari para pemuka agama," terangnya..

Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) ini menjelaskan, dari berbagai video yang diproduksi dan ditayangkan di kanal youtube Bamsoet Channel, video Bamsoet Daily bersama keluarga Raffi Ahmad dalam mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI menjadi yang paling banyak ditonton. 

Dilanjutkan video Ngompol (Ngomong Politik) bersama Stand Up Comedy Kiki Saputri, 'Ketua MPR Ngakak Mulu, Kiki Saputri Ngarep Dicium Pak Prabowo' yang sudah ditonton 454.706 views. Kemudian video Giveaway, 'Kiki Saputri Bukannya Roasting Malah Gombalin Ketua MPR' yang telah ditonton 421.695 views. Serta video Ngompol (Ngomong Politik) 'Coki Pardede dan Tretan Muslim Minta Bekingan Bamsoet?' yang ditonton sebanyak 401.490 views. Sementara video bersama Atta Halilintar, 'Ketua MPR Grebek Toko AHHA', telah ditonton sebanyak 227.551 views.

"Keterlibatan para selebritis menyemarakan beragam konten video dalam Bamsoet Channel untuk memudahkan penyampaian pesan kebangsaan yang dibungkus secara entertain, kepada para fanbase dan puluhan juta subscriber mereka," pungkas Bamsoet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya